PERANCANGAN PERMAINAN KARTU SELARAS SEBAGAI JEMBATAN KOMUNIKASI ANTARA ORANG TUA DAN ANAK BERSAMA PARENTIFIC

SANDRA, NATHALIA (2025) PERANCANGAN PERMAINAN KARTU SELARAS SEBAGAI JEMBATAN KOMUNIKASI ANTARA ORANG TUA DAN ANAK BERSAMA PARENTIFIC. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01.COVER.pdf

Download (367kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text (BAB II)
03. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB)
[img] Text (BAB III)
04. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text (BAB IV)
05. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
06. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB)
[img] Text (BAB VI)
07. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (781kB)

Abstract

Open communication between parents and children is a fundamental element in building a harmonious and healthy family relationship, especially in the modern era full of challenges. However, many families struggle to achieve effective communication, particularly with children aged 8-12 years who are experiencing significant social and emotional development. Based on these challenges, this final project aims to design the "Selaras" card game as an interactive medium to facilitate meaningful conversations between parents aged 35-45 years and their children. The design method employed is qualitative, involving literature studies, family interviews, and consultations with psychologists. The design process includes sketching, prototyping, and testing to ensure the game is engaging and effective. The "Selaras" card game is designed with user-friendly visual elements, such as a tropical pastel color palette and simple illustrations relevant to family themes. Each card contains questions and challenges aimed at fostering deep conversations, reflections, and mutual understanding among family members. The design results show that the game successfully creates an enjoyable playing atmosphere and supports open communication between parents and children. Furthermore, the game strengthens family bonds through positive and meaningful interactions. In conclusion, the "Selaras" card game can be a creative solution to overcome communication gaps within families, helping to create more harmonious and open relationships. Thus, this game is expected to have a positive impact on improving the quality of family communication in Indonesia.. KeyWords: Card Game, Parent-Child Communication, Family, Interactive Media Komunikasi terbuka antara orang tua dan anak adalah elemen mendasar dalam membangun hubungan keluarga yang harmonis dan sehat, terutama di era modern yang penuh tantangan. Namun, banyak keluarga menghadapi kesulitan dalam mewujudkan komunikasi yang efektif, khususnya bagi anak usia 8-12 tahun yang sedang mengalami perkembangan sosial dan emosional. Berangkat dari permasalahan tersebut, tugas akhir ini bertujuan untuk merancang permainan kartu "Selaras" sebagai media interaktif yang memfasilitasi percakapan bermakna antara orang tua berusia 35-45 tahun dan anak mereka. Metode perancangan yang digunakan adalah Kualitatif meliputi penelitian literatur, wawancara dengan keluarga, dan konsultasi dengan psikolog. Proses desain mencakup pembuatan sketsa, prototipe, hingga pengujian untuk memastikan permainan ini menarik dan efektif. Permainan kartu Selaras dirancang dengan elemen visual yang ramah, seperti palet warna tropikal pastel dan ilustrasi sederhana yang relevan dengan tema keluarga. Setiap kartu mengandung pertanyaan dan tantangan yang dirancang untuk mendorong percakapan mendalam, refleksi, serta pemahaman antaranggota keluarga. Hasil perancangan menunjukkan bahwa permainan ini berhasil menciptakan suasana bermain yang menyenangkan dan mendukung komunikasi terbuka antara orang tua dan anak. Selain itu, permainan ini mampu memperkuat hubungan keluarga melalui interaksi yang positif dan bermakna. Kesimpulannya, permainan kartu Selaras dapat menjadi solusi kreatif untuk mengatasi kesenjangan komunikasi dalam keluarga, membantu menciptakan hubungan yang lebih harmonis dan terbuka. Dengan demikian, permainan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan kualitas komunikasi keluarga di Indonesia. Kata Kunci: Permainan Kartu, Komunikasi Orang Tua dan Anak, Keluarga, Media Interaktif

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FDSK/DKV. 25 004
NIM/NIDN Creators: 42321120012
Uncontrolled Keywords: Permainan Kartu, Komunikasi Orang Tua dan Anak, Keluarga, Media Interaktif
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 153 Conscious Mental Process and Intelligence/Intelegensia, Kecerdasan Proses Intelektual dan Mental > 153.6 Communication Psychology/Psikologi Komunikasi
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 158 Applied Psychology/Psikologi Terapan > 158.2 Interpersonal Relations/Hubungan Antar Individu > 158.24 Interpersonal Relations with Family Members/Hubungan Individu dengan Anggota Keluarga
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 795 Game of Chance/Permainan Untung-untungan > 795.4 Card Games/Permainan Kartu
Divisions: Fakultas Desain dan Seni Kreatif > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 04 Feb 2025 03:49
Last Modified: 04 Feb 2025 03:49
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/93876

Actions (login required)

View Item View Item