SAPUTRO, GARDIKA HUTOMO (2011) PENGARUH PENGGUNAAN CELEBRITY ENDOSER "AGNES MONICA" DAN JINGLE "I LOVE VITAZONE" DALAM IKLAN VITAZONE DITELEVISI TERHADAP BRAND AWARENESS "VITAZONE". S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. Hal Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
2. Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (507kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
3. Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (629kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
4. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
5. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
6. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
7. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (518kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN)
8. Hal Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Maraknya tayangan iklan di media televisi menyebabkan kompetisi diantara merek produk yang diiklankan semakin tinggi, maka pesan iklan harus diolah sebaik mungkin agar dapat menimbulkan kesadaran khalayak atas suatu merek atau brand awareness. Pengggunaan endorser/model iklan dan jingle/musik menjadi salah satu elemen penting dalam pembuatan iklan. Perumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah pengaruh penggunaan celebrity endorser “Agnes Monica” dan jingle “I Love Vitazone” di televisi terhadap brand awareness “Vitazone?”. Dimana tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan celebrity endorser “Agnes Monica” dan jingle “I Love Vitazone” di televisi terhadap brand awareness “Vitazone” Peneliti menggunakan teori Hierarchy Of Effect dan AIDA. Untuk mengukur elemen celebrity endorser peneliti menggunakan konsep FRED (familiarity, relevance, esteem, differentiation) sebagai komponen untuk celebrity endorser. Memorability, meaningfulness, likability, transferability, adaptability, dan protectability sebagai komponen untuk jingle. Recall, recognition, purchase dan consumption untuk komponen brand awareness. Sifat penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif eksplanatif dengan metode penelitian survey. Populasi penelitian ini adalah Mahasiswa/I Akademi Bina Sarana Informatika Cengkareng, Jakarta Barat. Peneliti mendapatkan jumlah sampel sebanyak 78 orang yang dihitung dengan rumus Yamane, dan mekanisme yang digunakan simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner. Hasil penelitian secara keseluruhan dapat diketahui bahwa celebrity endorser dan jingle mempunyai efek terhadap brand awareness. Dengan nilai F hitung 25.023 dengan tingkat signifikasi 0,000 dan nilai Uji t 2.115 dengan tingkat signifikasi 0,038 untuk celebrity endorser dan 5,248 dengan tingkat signifikasi 0,000 untuk jingle, maka dapat disimpulkan celebrity endorser dan jingle mempunyai efek terhadap brand awareness baik secara simultan maupun parsial.
Actions (login required)
![]() |
View Item |