PENGARUH PENGGUNAAN CELEBRITY ENDOSER "AGNES MONICA" DAN JINGLE "I LOVE VITAZONE" DALAM IKLAN VITAZONE DITELEVISI TERHADAP BRAND AWARENESS "VITAZONE"

SAPUTRO, GARDIKA HUTOMO (2011) PENGARUH PENGGUNAAN CELEBRITY ENDOSER "AGNES MONICA" DAN JINGLE "I LOVE VITAZONE" DALAM IKLAN VITAZONE DITELEVISI TERHADAP BRAND AWARENESS "VITAZONE". S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Hal Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
2. Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[img] Text (BAB II)
3. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB)
[img] Text (BAB III)
4. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
5. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
6. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
7. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN)
8. Hal Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Maraknya tayangan iklan di media televisi menyebabkan kompetisi diantara merek produk yang diiklankan semakin tinggi, maka pesan iklan harus diolah sebaik mungkin agar dapat menimbulkan kesadaran khalayak atas suatu merek atau brand awareness. Pengggunaan endorser/model iklan dan jingle/musik menjadi salah satu elemen penting dalam pembuatan iklan. Perumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah pengaruh penggunaan celebrity endorser “Agnes Monica” dan jingle “I Love Vitazone” di televisi terhadap brand awareness “Vitazone?”. Dimana tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan celebrity endorser “Agnes Monica” dan jingle “I Love Vitazone” di televisi terhadap brand awareness “Vitazone” Peneliti menggunakan teori Hierarchy Of Effect dan AIDA. Untuk mengukur elemen celebrity endorser peneliti menggunakan konsep FRED (familiarity, relevance, esteem, differentiation) sebagai komponen untuk celebrity endorser. Memorability, meaningfulness, likability, transferability, adaptability, dan protectability sebagai komponen untuk jingle. Recall, recognition, purchase dan consumption untuk komponen brand awareness. Sifat penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif eksplanatif dengan metode penelitian survey. Populasi penelitian ini adalah Mahasiswa/I Akademi Bina Sarana Informatika Cengkareng, Jakarta Barat. Peneliti mendapatkan jumlah sampel sebanyak 78 orang yang dihitung dengan rumus Yamane, dan mekanisme yang digunakan simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner. Hasil penelitian secara keseluruhan dapat diketahui bahwa celebrity endorser dan jingle mempunyai efek terhadap brand awareness. Dengan nilai F hitung 25.023 dengan tingkat signifikasi 0,000 dan nilai Uji t 2.115 dengan tingkat signifikasi 0,038 untuk celebrity endorser dan 5,248 dengan tingkat signifikasi 0,000 untuk jingle, maka dapat disimpulkan celebrity endorser dan jingle mempunyai efek terhadap brand awareness baik secara simultan maupun parsial.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/MCA. 11 012
Call Number: SK/43/11/044
NIM/NIDN Creators: 44305010018
Uncontrolled Keywords: CELEBRITY ENDOSER "AGNES MONICA" DAN JINGLE "I LOVE VITAZONE", IKLAN VITAZONE DITELEVISI TERHADAP BRAND AWARENESS "VITAZONE"
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita > 070.19 Broadcast Media/Media Broadcast > 070.195 Television/Televisi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 11 Jan 2025 01:45
Last Modified: 11 Jan 2025 01:45
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/93506

Actions (login required)

View Item View Item