PENGARUH PENGGUNAAN INSTAGRAM @DREAMCOID TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI FOLLOWERS (Survey Kepada Followers Instagram @Dreamcoid)

Sari, Hany Puspita (2024) PENGARUH PENGGUNAAN INSTAGRAM @DREAMCOID TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI FOLLOWERS (Survey Kepada Followers Instagram @Dreamcoid). S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Menteng.

[img] Text (COVER)
44120010131 - HANY PUSPITA SARI - 01 COVER - hany puspita sari.pdf

Download (298kB)
[img] Text (BAB I)
44120010131 - HANY PUSPITA SARI - 02 BAB 1 - hany puspita sari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text (BAB II)
44120010131 - HANY PUSPITA SARI - 03 BAB 2 - hany puspita sari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text (BAB III)
44120010131 - HANY PUSPITA SARI - 04 BAB 3 - hany puspita sari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text (BAB IV)
44120010131 - HANY PUSPITA SARI - 05 BAB 4 - hany puspita sari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
44120010131 - HANY PUSPITA SARI - 06 BAB 5 - hany puspita sari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
44120010131 - HANY PUSPITA SARI - 07 DAFTAR PUSTAKA - hany puspita sari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
44120010131 - HANY PUSPITA SARI - 08 LAMPIRAN - hany puspita sari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Instagram merupakan salah satu aplikasi media sosial yang saat ini digunakan untuk membagikan dan memenuhi kebutuhan informasi dengan cepat dalam bentuk foto atau video ke sesama pengguna dengan berbagai fitur yang berkembang. Akun @Dreamcoid menjadi salah satu akun Instagram yang selalu membagikan berbagai kategori informasi terkini dan timeless setiap harinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan Instagram @Dreamcoid untuk memenuhi kebutuhan followersnya. Penelitian ini menggunakan Teori Uses and Gratifications yang menganggap khalayak sebagai individu yang aktif dan bertanggungjawab penuh atas pemilihan media yang dapat memenuhi kebutuhan mereka. Teori ini menghasilkan variabel (X) dengan dimensi (Content, Communication, Collaboration, dan Connection) dan variabel (Y) dengan dimensi (Current need approach, Everyday need approach, Exhaustic need approach, dan Catching-up need approach). Metode pada penelitian ini adalah kuantitatif, dengan populasi penelitian ini adalah followers akun @Dreamcoid dengan jumlah 100 responden sebagai sampel penelitian, dan menggunakan teknik Probability Sampling. Hasil dari koefisien determinasi pada penelitian ini menunjukkan bahwa 63.3 % kebutuhan informasi followers dipengaruhi oleh penggunaan akun Instagram @Dreamcoid, sisanya sebesar 36,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang berasal dari luar penelitian dan tidak dijelaskan pada penelitian. Instagram is a social media application currently used to quickly share and access information in the form of photos or videos among users, with various evolving features. The @Dreamcoid account is one of the Instagram accounts that consistently shares various categories of both current and timeless information every day. This study aims to determine the extent of the influence of the @Dreamcoid Instagram account in fulfilling the needs of its followers. This research employs the Uses and Gratifications Theory, which views the audience as active individuals who are fully responsible for selecting media that can meet their needs. This theory results in the (X) variable with dimensions (Content, Communication, Collaboration, and Connection) and the (Y) variable with dimensions (Current need approach, Everyday need approach, Exhaustic need approach, and Catching-up need approach). The method used in this study is quantitative, with the population being the followers of the @Dreamcoid account, with 100 respondents as the research sample, using Probability Sampling techniques. The results of the coefficient of determination in this study indicate that 63.3% of the followers' information needs are influenced by the use of the @Dreamcoid Instagram account, while the remaining 36.7% is influenced by other factors outside the scope of this research.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44120010131
Uncontrolled Keywords: Instagram, Pemenuhan Kebutuhan Informasi, Teori Uses and Gratifications. Instagram, Information Needs Fulfillment, Uses and Gratifications Theory.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: RAUL ANDIKA KURNIAWAN
Date Deposited: 22 Jan 2025 04:43
Last Modified: 22 Jan 2025 04:43
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/93417

Actions (login required)

View Item View Item