PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PERCEIVED VALUE TERHADAP NIAT PEMBELIAN ULANG KONSUMEN UMKM DI INDOMARET DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Kemitraan UMKM Dengan Indomaret di Wilayah Jakata)

Febrialdi, Wahyu (2024) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PERCEIVED VALUE TERHADAP NIAT PEMBELIAN ULANG KONSUMEN UMKM DI INDOMARET DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Kemitraan UMKM Dengan Indomaret di Wilayah Jakata). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta - Menteng.

[img] Text (Cover)
43120120133-Wahyu Febrialdi-01 Cover - wahyu febrialdi.pdf

Download (455kB)
[img] Text (Bab 1)
43120120133-Wahyu Febrialdi-02 Bab 1 - wahyu febrialdi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text (Bab 2)
43120120133-Wahyu Febrialdi-03 Bab 2 - wahyu febrialdi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text (Bab 3)
43120120133-Wahyu Febrialdi-04 Bab 3 - wahyu febrialdi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text (Bab 4)
43120120133-Wahyu Febrialdi-05 Bab 4 - wahyu febrialdi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB)
[img] Text (Bab 5)
43120120133-Wahyu Febrialdi-06 Bab 5 - wahyu febrialdi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
43120120133-Wahyu Febrialdi-08 Daftar Pustaka - wahyu febrialdi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text (Lampiran)
43120120133-Wahyu Febrialdi-09 Lampiran - wahyu febrialdi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (973kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan perceived value terhadap niat pembelian ulang konsumen UMKM di Indomaret dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening. Penelitian ini berfokus pada kemitraan UMKM dengan Indomaret di wilayah Jakarta. Pendekatan yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 126 responden. Analisis data dilakukan menggunakan teknik statistik yang relevan melalui software SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap niat pembelian ulang konsumen. Di sisi lain, perceived value ditemukan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat pembelian ulang. Selain itu, kepuasan konsumen juga terbukti berperan signifikan dalam mendorong niat pembelian ulang konsumen. Kualitas pelayanan terbukti memberikan pengaruh yang positif terhadap kepuasan konsumen, demikian pula dengan perceived value yang memberikan dampak positif terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini juga menemukan bahwa kepuasan konsumen mampu memediasi secara parsial pengaruh kualitas pelayanan dan perceived value terhadap niat pembelian ulang konsumen. This study aims to analyze the effect of service quality and perceived value on the repurchase intention of MSME consumers at Indomaret with customer satisfaction as an intervening variable. This research focuses on MSME partnerships with Indomaret in the Jakarta area. The approach used is descriptive quantitative method, with data collection through questionnaires distributed to 126 respondents. Data analysis was carried out using relevant statistical techniques through SmartPLS 4 software. The results showed that service quality did not have a significant influence on consumer repurchase intentions. On the other hand, perceived value was found to have a positive and significant effect on repurchase intentions. In addition, customer satisfaction is also proven to play a significant role in driving consumer repurchase intentions. Service quality is proven to have a positive influence on customer satisfaction, as well as perceived value which has a positive impact on customer satisfaction. This study also found that customer satisfaction is able to partially mediate the effect of service quality and perceived value on consumer repurchase intentions.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 43120120133
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Perceived Value, Niat Pembelian Ulang Konsumen, Kepuasan Konsumen Service Quality, Perceived Value, Consumer Repurchase Intention, Consumer Satisfaction
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: WIDYA AYU PUSPITA NINGRUM
Date Deposited: 31 Dec 2024 03:59
Last Modified: 31 Dec 2024 03:59
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/93330

Actions (login required)

View Item View Item