ANALISIS KINERJA RUAS JALAN DAN TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA JALAN DI JALAN ARJUNA RAYA JAKARTA BARAT

MUNTAHA, RAKA SATVIKA (2024) ANALISIS KINERJA RUAS JALAN DAN TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA JALAN DI JALAN ARJUNA RAYA JAKARTA BARAT. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (390kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Jalan Arjuna Raya is one of the roads in West Jakarta that is crowded and quite busy with transportation because there are several movement centers such as UKRIDA Hospital, Esa Unggul University, Kebon Jeruk District Tax Office, and office buildings so it serve quite high traffic flows. The worst traffic jam on Jalan Arjuna Raya usually happen during rush hour in the morning and evening. The purpose of this research is to find out the performance of Arjuna Raya road section, the level of satisfaction or service on Arjuna Raya Road, and the improvement solution that can be implement to reduce the congestion occur. This research method used the 1997 Indonesian Road Capacity Manual (MKJI) analysis method and the Community Satisfaction Index (IKM) which is guided by RUSI or Road User Satisfaction Index. Based on the results of analysis using MKJI 1997, it’s known that the degree of the saturation (DS) is 1,007 and the level of service (LOS) value is F. This indicates that the capacity of Jalan Arjuna Raya is oversaturated. Meanwhile, based on the results of IKM calculations from 100 respondents, the service performance that users feel is unsatisfied with score 68,5. Based on things above, the researcher found an alternative solution is to widen the roads in both North Arjuna and South Arjuna from 5 meters to 6 meters, so the value is LOS B. Then another alternative is to implement a one-way system (One Way) during peak hour to reduce traffic jam on Jalan Arjuna which it will reduce the value to LOS A. Keywords: Road Performance, MKJI 1997, Community Satisfactio Jalan Arjuna Raya merupakan salah satu jalan di Jakarta Barat yang selalu ramai karena terdapat beberapa pusat pergerakan seperti Rumah Sakit UKRIDA, Universitas Esa Unggul, kantor pajak wilayah kecamatan Kebon Jeruk, dan gedung-gedung perkantoran sehingga arus lalu lintas di sana tinggi. Kondisi kemacetan terparah pada Jalan Arjuna Raya biasanya terjadi pada jam-jam sibuk pada pagi dan sore hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja dari ruas jalan Arjuna Raya, mengetahui tingkat kepuasan atau pelayanan Jalan Arjuna Raya, serta untuk mengetahui solusi perbaikan yang dapat diterapkan untuk mengurangi kemacetan yang terjadi. Metode penelitian ini menggunakan metode analisa Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 dan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang berpedoman pada RUSI (Road User Satisfaction Index) atau Indeks Kepuasan Pengguna Jalan. Berdasarkan hasil analisis menggunakan MKJI 1997 diketahui nilai derajat kejenuhan (DS) sebesar 1,007 yang berarti masuk ke dalam level of service (LOS) F.Hal ini menunjukkan bahwa kapasitas Jalan Arjuna Raya terlewat jenuh.Sedangkan berdasarkan hasil perhitungan IKM dari 100 responden untuk kinerjalayanan yang dirasakan pengguna kurang baik dengan nilai 68,5. Solusi alternatif 1 yang diusulkan pada penelitian ini yaitu dengan melakukanpelebaran jalan baik di Arjuna utara maupun Arjuna Selatan yang semula 5 mmenjadi 6 m sehingga didapatkan nilai LOS B, lalu alternatif lainnya yaitu denganmemberlakukan sistem satu arah (One Way) pada jam sibuk atau peak hour untukmengurangi terjadinya kemacetan di ruas Jalan Arjuna yang akan menurunkannilai LOS menjadi A. Kata Kunci: Kinerja Ruas Jalan, MKJI 1997, Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), Derajat Kejenuhan (DS), Indeks Kepuasan Pengguna Jalan

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/SIP. 24 202
NIM/NIDN Creators: 41119110173
Uncontrolled Keywords: Kinerja Ruas Jalan, MKJI 1997, Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), Derajat Kejenuhan (DS), Indeks Kepuasan Pengguna Jalan
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 625 Engineering Of Railroads, Roads/Rekayasa Rel Kereta Api, Jalan > 625.7 Road Engineering/Teknik Jalan Raya
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 30 Dec 2024 08:37
Last Modified: 30 Dec 2024 08:37
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/93324

Actions (login required)

View Item View Item