SASONO ANAS WIJAYA, ENKKY (2016) ANALISIS MANFAAT EKONOMI PENGOPERASIAN REST AREA JALAN TOL MELALUI KERJASAMA BUILD OPERATE OWN (BOO) DENGAN PENDEKATAN PRESENT VALUE PADA PT JASA MARGA (PERSERO) TBK. S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Buncit.
|
Text (COVER)
01-Hal Cover.pdf Download (550kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02-Abstrak.pdf Download (109kB) | Preview |
|
Text (BAB 1)
03-BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) |
||
Text (BAB 2)
04-BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (371kB) |
||
Text (BAB 3)
05-BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) |
||
Text (BAB 4)
06-BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (389kB) |
||
Text (BAB 5)
07-BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) |
||
Text (BAB 6)
08-BAB 6.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
09-Hal Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) |
Abstract
Penyelenggaran rest area jalan tol yang membutuhkan nilai investasi cukup besar harus dapat memenuhi ekspektasi para pemangku kepentingan. Bagi operator jalan tol, penyelenggaraan rest area selain sebagai pendukung layanan jalan tol juga harus dapat memberi manfaat ekonomi. Penyelenggaraan rest area pada umumnya dikerjasamakan dengan investor yang memiliki kompetensi di bidangnya. Penerapan kerjasama Build Operate Transfer (BOT) yang selama ini dilakukan oleh operator jalan tol, ternyata tidak memberikan manfaat ekonomi yang maksimal. Hal tersebut terkait dengan diberlakukannya Undang-undang tentang Jalan serta Peraturan Pemerintah tentang Jalan Tol telah menetapkan bahwa operator jalan tol hanya mendapatkan konsesi atas pengoperasian jalan tol selama jangka waktu tertentu, dan menyerahkan kembali seluruh aset jalan tol kepada Pemerintah setelah berakhirnya masa konsesi. Dengan demikian penyerahan aset rest area setelah berakhirnya perjanjian antara operator dan investor menjadi tidak memiliki nilai tambah. Melalui pendekatan nilai sekarang dengan menggunakan beberapa parameter kelayakan investasi : Discounted Payback Period, Net Present Value (NPV), dan Internal Rate of Return (IRR) dapat dibuktikan bahwa kerjasama Build Operate Owned (BOO) dapat memberikan manfaat ekonomi yang lebih baik bagi operator jalan tol.
Actions (login required)
View Item |