SALSABILA, SHINTA AMIRAH (2024) POLA KOMUNIKASI KELUARGA DALAM KESUKSESAN BELAJAR ANAK DI KECAMATAN PESANGGRAHAN, JAKARTA SELATAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf Download (555kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) |
||
Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) |
||
Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) |
||
Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (532kB) |
||
Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (64kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (65kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (510kB) |
Abstract
Family communication in learning success is communication carried out by family members, especially parents with children, both verbal and non-verbal, which aims to support the child or facilitate the child's learning. This study aims to determine and explain family communication patterns in children's learning success in Pesanggrahan Sub-district, South Jakarta. This study uses the concept or theory of family communication patterns proposed by Syaiful Bahri Djamarah which states that there are three communication patterns in parent-child relationships, namely authoritarian communication patterns (tend to be hostile), permissive communication patterns (tend to behave freely), authoritative communication patterns (tend to avoid anxiety and chaos). This research uses the post-positivism paradigm and uses case study qualitative research methods. Researchers collected data through data analysis such as observation, in-depth interviews, and document studies. In this study, researchers have interviewed 3 main informants, namely parents and 2 supporting informants, namely children who will face UTBK. The results of this study provide an overview of how family communication patterns carried out by parents towards their children during the child's learning process to face UTBK. The findings show that parents free their children more in the learning process and free the children to choose the university they want to go to so that this research leans more towards permissive communication patterns (tend to behave freely) and authoritative communication patterns (tend to avoid anxiety and chaos). Komunikasi keluarga dalam kesuksesan belajar adalah komunikasi yang dilakukan oleh anggota keluarga, khususnya orang tua dengan anak baik itu verbal maupun non-verbal yang bertujuan untuk mendukung sang anak ataupun memfasilitasi belajar sang anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pola komunikasi keluarga dalam kesuksesan belajar anak di Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan konsep atau teori pola komunikasi keluarga yang dikemukakan oleh Syaiful Bahri Djamarah yang menyatakan bahwa terdapat tiga pola komunikasi dalam hubungan orang tua dan anak yaitu pola komunikasi authoritarian (cenderung bersikap bermusuhan), pola komunikasi permissive (cenderung berperilaku bebas), pola komunikasi authoritative (cenderung terhindar dari kegelisahan dan kekacauan). Penelitian ini menggunakan paradigma post-positivisme dan menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus. Peneliti mengumpulkan data melalui analisis data seperti observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Dalam penelitian ini, peneliti telah mewawancarai 3 orang informan utama yaitu orang tua dan 2 orang informan pendukung yaitu anak yang akan menghadapi UTBK. Hasil penelitian ini memberikan gambaran tentang bagaimana pola komunikasi keluarga yang dilakukan oleh orang tua terhadap anaknya selama proses belajar anak untuk menghadapi UTBK. Temuan ini menunjukkan bahwa orang tua lebih banyak membebaskan anaknya dalam proses belajarnya dan membebaskan sang anak untuk memilih universitas yang ingin mereka tuju sehingga penelitian ini lebih condong ke arah pola komunikasi pola komunikasi permissive (cenderung berperilaku bebas) dan pola komunikasi authoritative (cenderung terhindar dari kegelisahan dan kekacauan).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/PR. 24 225 |
NIM/NIDN Creators: | 44220010136 |
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Keluarga, Pola Komunikasi Keluarga, Orang Tua, Belajar Anak |
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 170 Ethics, Moral Philosophy/Etika, Filsafat Moral > 173 Ethics of Family Relationships/Etika Hubungan Keluarga 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 747 Interior Decoration/Dekorasi Interior, Desain Interior > 747.7 Decoration of Specific Rooms/Dekorasi Interior Ruang Khusus Lainnya > 747.73 Studies/Ruang Belajar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | AFIFAH SALMA RAMADINA |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 03:43 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 03:43 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/92313 |
Actions (login required)
View Item |