ANALISIS HUBUNGAN ANTARA KINERJA RUAS JALAN DAN KEPUASAN PENGGUNA JALAN PADA RUAS JALAN JENDERAL BASUKI RACHMAT, JAKARTA TIMUR

HIBBAN, IBNU (2024) ANALISIS HUBUNGAN ANTARA KINERJA RUAS JALAN DAN KEPUASAN PENGGUNA JALAN PADA RUAS JALAN JENDERAL BASUKI RACHMAT, JAKARTA TIMUR. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)
[img] Text (BAB II)
03 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
04 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (882kB)
[img] Text (BAB IV)
05 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
06 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Jenderal Basuki Rachmat Street is located in East Jakarta and is situated in a commercial area with shops and shopping centers along the roadside. This often leads to traffic congestion due to commercial activities on the road. Road performance and user satisfaction are closely interconnected; good road performance positively impacts users, which in turn enhances user satisfaction. Several factors are used to evaluate satisfaction with road performance, including road management, road features, road safety, social factors, environmental impact, and services for road users. This study aims to assess road user satisfaction and road service levels on Jenderal Basuki Rachmat Street, East Jakarta. The research involved direct data collection in the field from 07:00 to 19:00 on Sunday and Monday. Road service levels were evaluated using the PKJI 2023 method, while road user satisfaction was analyzed using the IPA and CSI methods. The results indicate that the worst service level occurred during the evening rush hour from 17:00 to 18:00 on Monday, towards B-T direction, with a congestion index of 0.91 and a service level grade of E (Unstable Flow). The Customer Satisfaction Index (CSI) based on survey data was 52.78%, reflecting a moderate level of satisfaction overall. Although the overall satisfaction is considered fairly good, significant improvements are needed, particularly in variables directly affecting road performance. To address congestion on Jenderal Basuki Rachmat Street, measures such as regulating road usage to increase its capacity for accommodating vehicle volume are recommended. Keywords: Road Performance, Road User Satisfaction, Road Service Level Ruas Jalan Jenderal Basuki Rachmat merupakan ruas jalan yang berada di Kota Jakarta Timur. Ruas jalan ini merupakan ruas jalan yang berada pada daerah komersil, dimana pada sisi jalan terdapat pertokoan dan pusat perbelanjaan, sehingga kerap kali terjadi penyumbatan arus lalu lintas akibat adanya kegiatan komersil pada badan jalan. Kinerja jalan dan kepuasan pengguna jalan saling memiliki keterkaitan satu sama lain. Kinerja jalan yang baik akan memberikan dampak yang positif pula kepada para pengguna jalan tersebut, dengan begitu maka tingkat kepuasan pengguna juga cenderung positif. Dalam menilai kepuasan terdahap kinerja jalan ada beberapa faktor yang dapat dijadikan acuan seperti manajemen jalan, fitur jalan, keselamatan jalan, faktor sosial, dampak lingkungan, dan pelayanan untuk pengguna jalan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna jalan serta tingkat pelayanan jalan yang berada pada ruas Jalan Jenderal Basuki Rachmat, Jakarta Timur. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan melakukan pengumpulan data secara langsung dilapangan yang dilakukan pada pukul 07.00-19.00 pada hari Minggu, dan hari Senin lalu untuk mencari tingkat pelayanan jalan metode yang digunakan adalah PKJI 2023, sedangkan dalam menganalisa tingkat kepuasan pengguna jalan metode yang digunakan adalah IPA, dan CSI. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat pelayanan terburuk terjadi pada jam sibuk sore hari yaitu pukul 17:00-18:00 pada hari Senin arah B-T dimana nilai derajat kejenuhan pada jalan ini mencapai 0.91 dengan tingkat pelayanan E (arus tidak stabil). Sedangkan berdasarkan pengolahan data survey kepuasan pengguna jalan didapatkan nilai Customer Satisfaction Index (CSI) sebesar 52,78% yang telah didapatkan dari hasil perhitungan. Berdasarkan dari nilai CSI tersebut maka dapat dikatakan bahwa dari keenam indikator variabel secara keseluruhan kepuasan pengguna jalan dapat dikatakan cukup puas. Meski dikatan cukup puas secara keseluruhan tetapi masih banyak perbaikan yang perlu dilakukan, khususnya pada variabel-variabel yang berpengaruh secara langsung terhadap kinerja jalan. Alternatif solusi yang dapat dilakukan untuk menanggulangi kemacetan yang terjadi pada ruas Jalan Jenderal Basuki Rachmat adalah dengan cara melakukan penertiban badan jalan agar kapasitas jalan dalam menampung volume kendaraan bertambah. Kata kunci: Kinerja Jalan, Kepuasan Pengguna Jalan, Tingkat Pelayanan Jalan

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/SIP. 24 162
NIM/NIDN Creators: 41120110049
Uncontrolled Keywords: Kinerja Jalan, Kepuasan Pengguna Jalan, Tingkat Pelayanan Jalan
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 388 Ground Transportation/Transportasi Jalan Raya
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 08 Oct 2024 03:07
Last Modified: 08 Oct 2024 03:07
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/92303

Actions (login required)

View Item View Item