ALIE, HILMAN RADINAL FATA (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PARIWISATA MELALUI INSTAGRAM (PADA AKUN INSTAGRAM @SUKATARA08) DALAM MEMPROMOSIKAN DESA WISATA KAMPUNG SILAT RAWA BELONG OLEH KARANG TARUNA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf Download (538kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (87kB) |
||
Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) |
||
Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (144kB) |
||
Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (422kB) |
||
Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (68kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (372kB) |
Abstract
The optimal tourism communication strategy is certainly a hope for Karang Taruna RW 08, in carrying out its promotional activities to introduce Kampung Silat Tourism Village, Rawa Belong. But in fact, optimizing the tourism communication strategy is not as easy as imagined, so it is necessary to make efforts that can at least support the process of optimizing the tourism communication strategy. The purpose of this research is to analyze the tourism communication strategy carried out by Karang Taruna RW 08 in promoting Kampung Silat Tourism Village, Rawa Belong. To support this research, there are 5 (five) previous studies with relevant topics. The theory used includes a tourism communication strategy in which there are stages of communication strategy according to David and also the concept of communication planning according to Cultip and Center. This research uses a Descriptive Qualitative method using a qualitative approach.. The data collected for this research have two categories, Primary Data and Secondary Data. Primary data in this study was collected by interview and observation, while secondary data in this study was collected by documentation study and recording theories from books, internet websites, journals and other literatures that support this research. This research focuses on how the tourism communication strategy carried out by Karang Taruna RW 08 through Instagram in promoting Kampung Silat Tourism Village, Rawa Belong. The results of the research show that the tourism communication strategy carried out by Karang Taruna RW 08 in promoting the Kampung Silat Rawa Belong Tourism Village through cultural activities such as traditional dance, traditional martial arts and also festivals that they created. In carrying out the tourism communication strategy they still look passive and not consistent in doing promotional activities, such as only uploading content once a week, or only doing promotional activities when there are cultural activities. Strategi komunikasi pariwisata yang optimal tentu menjadi harapan bagi Karang Taruna RW 08, dalam menjalankan kegaiatan-kegaiatn promosinya untuk memperkenalkan Desa Wisata Kampung Silat, Rawa Belong. Namun nyatanya mengoptimalkan strategi komunikasi pariwisata tidak semudah yang dibayangkan, sehingga perlu dilakukan upaya-upaya yang setidaknya dapat mendukung proses pengoptimalan strategi komunikasi pariwisata tersebut. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk untuk menganalisis strategi komunikasi pariwisata yang dilakukan Karang Taruna RW 08 dalam mempromosi Desa Wisata Kampung Silat, Rawa Belong. Untuk menunjang penelitian ini, terdapat 5 (lima) penelitian terdahulu dengan topik relevan. Untuk teori yang digunakan meliputi strategi komunikasi pariwisata yang didalamnya terdapat tahap-tahap strategi komunikasi menurut David dan juga konsep perencanaan komunikasi menurut Cultip dan Center. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif Deskriptif dengan menggunakan Pendekatan Kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini memiliki dua kategori, yaitu Data Primer dan Data Sekunder. Data Primer dalam penelitian ini diperoleh dengan cara wawancara, sedangkan Data Sekunder dalam penelitian ini diperoleh melalui studi dokumentasi dan mencatat teori dari observasi, buku-buku, website internet, jurnal dan berbagai literatur yang mendukung penelitian ini. Penelitian ini berfokus pada bagaimana strategi komunikasi pariwisata yang dilakukan Karang Taruna RW 08 melalui Instagram dalam mempromosikan Desa Wisata Kampung Silat, Rawa Belong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pariwisata yang dilakukan oleh Karang Taruna RW 08 dalam mempromosikan Desa wisata Kampung Silat Rawa Belong melalui kegiatan kebudayaan seperti tari, silat dan juga festival yang mereka buat. Dalam menjalankan strategi komunikasi pariwisata yang mereka lakukan masih masih terlihat pasif dan tidak konsisten dalam melakukan kegiatan promosi, seperti hanya seminggu sekali mengupload konten, ataupun hanya melakukan kegiatan promosi apabila ada kegiatan-kegiatan kebudayaan saja.
Actions (login required)
View Item |