ANALISIS BEBAN KERJA MENTAL PENILAI KERUGIAN ASURANSI (LOSS ADJUSTER) DI PT MCL MENGGUNAKAN METODE NASA TLX, DAN DAMPAKNYA TERHADAP TEKANAN KERJA (WORKING STRESS)

Maharesi, Budi Setia (2024) ANALISIS BEBAN KERJA MENTAL PENILAI KERUGIAN ASURANSI (LOSS ADJUSTER) DI PT MCL MENGGUNAKAN METODE NASA TLX, DAN DAMPAKNYA TERHADAP TEKANAN KERJA (WORKING STRESS). S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Buncit.

[img]
Preview
Text (COVER)
01.COVER.pdf

Download (744kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
02. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text (BAB 2)
03. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB)
[img] Text (BAB 3)
04. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text (BAB 4)
05. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[img]
Preview
Text
06. BAB 5.pdf

Download (30kB) | Preview
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis beban kerja mental pada Penilai Kerugian Asuransi (PKA) atau Loss Adjuster di PT. McL menggunakan metode NASA Task Load Index (TLX) dan untuk mengevaluasi dampaknya terhadap tekanan kerja (working stress). Variabel yang diteliti meliputi beban kerja mental, yang diukur menggunakan metode NASA TLX, dan pengaruhnya terhadap tekanan kerja yang diukur dengan regresi sederhana. Sampel penelitian terdiri dari karyawan PKA di PT. McL. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Analisis data dilakukan menggunakan metode regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PKA di PT. McL memiliki beban kerja mental yang tinggi hingga sangat tinggi, dengan aspek Temporal Demand (TD) dan Effort (EF) yang memiliki pengaruh paling signifikan. Regresi sederhana menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara beban kerja mental dan tekanan kerja, dimana semakin tinggi beban kerja mental, semakin tinggi pula tingkat tekanan kerja yang dirasakan oleh PKA. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa peningkatan beban kerja mental pada karyawan PKA dapat berkontribusi pada peningkatan tekanan kerja, dan manajemen perlu memperhatikan dan mengelola beban kerja mental secara efektif untuk mengurangi dampak negatifnya terhadap suasana kerja, kesejahteraan dan produktivitas karyawan dan PKA. Kata Kunci : Beban Kerja Mental, Nasa TLX, Tekanan Kerja, Penilai Kerugian Asuransi (PKA).

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41621120033
Uncontrolled Keywords: Beban Kerja Mental, Nasa TLX, Tekanan Kerja, Penilai Kerugian Asuransi (PKA)
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Nasruddin Mansyur S.Hum
Date Deposited: 01 Oct 2024 06:59
Last Modified: 01 Oct 2024 06:59
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/91990

Actions (login required)

View Item View Item