ANALISIS PENGARUH METODE PELAKSANAAN, KETERSEDIAAN ANGGARAN SERTA RISIKO TEKNIK TERHADAP KINERJA WAKTU PELAKSANAAN PROYEK JEMBATAN BERESTETIKA

SHOLIHIN, ROHMAT AGUS (2024) ANALISIS PENGARUH METODE PELAKSANAAN, KETERSEDIAAN ANGGARAN SERTA RISIKO TEKNIK TERHADAP KINERJA WAKTU PELAKSANAAN PROYEK JEMBATAN BERESTETIKA. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (390kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text (BAB II)
03 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
04 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text (BAB IV)
05 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (747kB)
[img] Text (BAB V)
06 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Often in project implementation, unwanted and unknown delays occur. Analysis of the causes of delays is important so that service providers and related parties in construction services can take appropriate steps and solutions to overcome the problem of delays in work implementation which often occur repeatedly and result in increased costs. The aim of the research is to obtain and analyze the factors that influence the performance of bridge project implementation times, obtain and analyze the factors that have the most dominant influence on the performance of bridge project implementation times and obtain and analyze several alternative solutions that can be provided to resolve these factors. dominant at the top. This research uses a quantitative method, where primary data is obtained from the results of distributing questionnaires to respondents among bridge construction practitioners on three predetermined research objects, namely the Desari, Cisumdawu and Cijago toll road projects sections 2-3. Next, the research data was processed using JASP software. Of the three variables studied including implementation methods, budget availability and engineering risk, after processing using JASP it can be seen that the engineering risk factor is the factor that has the most dominant influence on the performance of the bridge project implementation time, with a percentage of 61.68%. Keywords: time performance of bridge projects, toll roads, bridge projects, overpass, engineering risk, bridge implementation methods, project budget availability, JASP. Seringkali dalam pelaksanaan proyek terjadi keterlambatan yang tidak diinginkan dan tidak diketahui sebelumnya. Analisis penyebab keterlambatan ini penting agar penyedia jasa dan pihak-pihak terkait dalam jasa konstruksi dapat mengambil langkah dan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah keterlambatan pelaksanaan pekerjaan yang seringkali terjadi berulang serta berakibat pada peningkatan biaya. Tujuan dari penelitian adalah untuk mendapatkan dan menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kinerja waktu pelaksanaan proyek jembatan, mendapatkan dan menganalisis faktor yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap kinerja waktu pelaksanaan proyek jembatan serta mendapatkan dan menganalisis beberapa alternatif solusi yang dapat diberikan untuk penyelesaian faktorfaktor dominan di atas. Penelitian ini menggunakan metode quantitatif, dimana data primer didapatkan dari hasil membagikan kuesioner kepada responden di kalangan praktisi konstruksi jembatan pada tiga obyek penelitian yang sudah ditetapkan, yaitu proyek Tol Desari, Cisumdawu dan Cijago seksi 2-3. Selanjutnya data hasil penelitian tersebut diolah menggunakan software JASP. Dari tiga variabel yang diteliti meliputi metode pelaksaan, ketersediaan anggaran dan risiko teknik, setelah diolah menggunakan JASP dapat diketahui bahwa factor risiko teknik merupakan factor yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap kinerja waktu pelaksanaan proyek jembatan, dengan prosentase 61,68%. Kata kunci: kinerja waktu proyek jembatan, jalan tol, proyek jembatan, overpass, risiko teknik, metode pelaksanaan jembatan, ketersediaan anggaran proyek, JASP.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CD/557. 24 041
NIM/NIDN Creators: 55721120033
Uncontrolled Keywords: kinerja waktu proyek jembatan, jalan tol, proyek jembatan, overpass, risiko teknik, metode pelaksanaan jembatan, ketersediaan anggaran proyek, JASP.
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 350 Public Administration and Military Science/Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran > 352 General Considerations of Public Administration/Pertimbangan Umum Administrasi Publik > 352.4 Financial of Public Administration/Anggaran Administrasi Negara
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 388 Ground Transportation/Transportasi Jalan Raya > 388.1 Roads/Jalan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil > 624.2 Bridges Engineering/Teknik Jembatan
Divisions: Pascasarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 27 Sep 2024 06:59
Last Modified: 27 Sep 2024 06:59
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/91885

Actions (login required)

View Item View Item