STRATEGI KOMUNIKASI DIGITAL MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @SHAVACOFFEE_ UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS

HUDA, MUHAMMAD NURUL (2024) STRATEGI KOMUNIKASI DIGITAL MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @SHAVACOFFEE_ UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (550kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (725kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB VI)
07 BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRACT The rapid development of technology certainly has an impact on the world of marketing, requiring someone to be able to adapt. The impact that is really needed in a business is the public's Brand Awareness of the business being run. Therefore, Shava Coffee, which aims to increase Brand Awareness, one of which is by using its Instagram social media. Therefore, to achieve this goal, good digital communication strategy planning is needed so that the message conveyed to increase Brand Awareness can increase. The activity carried out uses a mentoring method for Shava Coffee UMKM, where the mentor acts as a Social Media Strategy whose job is to plan a digital communication strategy as a solution to partner problems in order to increase public Brand Awareness of Shava Coffee. In this TAPN activity, the mentor also uses the SOSTAC and RACE Framework concepts by Chaffey and Smith. The SOSTAC planning concept consists of Situation Analysis - Objectives - Strategy - Tactics - Action - Control. Furthermore, using the RACE Framework concept consisting of Reach - Act - Convert - Engage. ABSTRAK Pesatnya perkembangan teknologi tentu memberikan dampak pada dunia pemasaran, sehingga mengharuskan seseorang untuk bisa beradaptasi. Dampak yang sangat dibutuhkan dalam suatu bisnis ialah Brand Awareness masyarakat terhadap bisnis yang sedang dijalankan. Maka dari itu, Shava Coffee yang memiliki tujuan untuk meningkatkan Brand Awareness, salah satunya dengan menggunakan media sosial instagramnya. Oleh karena itu, untuk mencapai tujuan tersebut dibutuhkan perencanaan strategi komunikasi digital yang baik agar pesan yang disampaikan untuk meningkatkan Brand Awareness dapat meningkat. Kegiatan yang dilakukan ini menggunakan metode pendampingan kepada UMKM Shava Coffee, yang dimana pendamping berperan sebagai Social Media Strategy yang bertugas melakukan perencanaan strategi komunikasi digital sebagai solusi dari permasalahan mitra agar dapat meningkatkan Brand Awareness masyarakat terhadap Shava Coffee. Dalam kegiatan TAPN ini, pendamping juga menggunakan konsep SOSTAC dan RACE Framework oleh Chaffey dan Smith. Konsep perencanaan SOSTAC yang terdiri dari Situation Analsyt – Objectives – Strategy – Tactics - Action – Control. Selanjutnya menggunakan konsep RACE Framework yang terdiri dari Reach – Act – Convert – Engage. Hasil dari pendampingan ini kurang lebih 4 bulan adalah adanya peningkatan followers sebanyak 259 followers, kunjungan profil sebanyak 6,529, reach sebanyak 89,292, dan impression sebanyak 242,355. Kemudian dilihat dari engagement-nya sebanyak 15,79%, dengan kenaikan penjualan produk sekitar 400-500 produk. Sedangkan jikalau dilihat dari content shared sekitar 3-10 per post.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/KD. 24 021
NIM/NIDN Creators: 44520010031
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Digital, Media sosial, Pemasaran, Brand Awareness
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.6 Computer Graphics/Komputer Grafis, Grafika Komputer > 006.69 Special Topics in Computer Graphics/Topik Khusus dalam Grafik Komputer > 006.696 Digital Video/Video Digital
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 770 Photography and Photographs/Seni Fotografi dan Foto > 776 Computer Arts, Digital Arts/Seni Komputer, Seni Digital
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Komunikasi Digital
Depositing User: AFIFAH SALMA RAMADINA
Date Deposited: 24 Sep 2024 04:41
Last Modified: 24 Sep 2024 04:41
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/91740

Actions (login required)

View Item View Item