HUBUNGAN ANTARA SELF IMAGE DENGAN INTENSI BERPAKAIAN BATIK GENERASI Z

Fatihah, Nadina Ulriannisa (2024) HUBUNGAN ANTARA SELF IMAGE DENGAN INTENSI BERPAKAIAN BATIK GENERASI Z. S1 thesis, Universitas Mercu Buana-Menteng.

[img] Text (Cover)
46120010039_Nadina Ulriannisa Fatihah_ 01 Cover - Nadina Uf.pdf

Download (478kB)
[img] Text (Bab 1)
46120010039_Nadina Ulriannisa Fatihah_02 Bab 1 - Nadina Uf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[img] Text (Bab 2)
46120010039_Nadina Ulriannisa Fatihah_03 Bab 2 - Nadina Uf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text (Bab 3)
46120010039_Nadina Ulriannisa Fatihah_04 Bab 3 - Nadina Uf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Text (Bab 4)
46120010039_Nadina Ulriannisa Fatihah_05 Bab 4 - Nadina Uf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text (Bab 5)
46120010039_Nadina Ulriannisa Fatihah_06 Bab 5 - Nadina Uf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
46120010039_Nadina Ulriannisa Fatihah_08 Daftar Pustaka - Nadina Uf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text (Lampiran)
46120010039_Nadina Ulriannisa Fatihah_09 Lampiran - Nadina Uf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self image dengan intensi berpakaian generasi z. Menurut Amaliyah (2021) self image adalah keseluruhan gambaran individu dan persepsi terhadap individu, meski citra diri tidak sesuai dengan kenyataan, namun inidividu dapat meyakini hal tersebut. Sedangkan pada intensi adalah niat untuk melakukan dan terus melakukan perilaku tertentu (Ramdhani, 2011). Intensi berpakaian dapat diartikan sebagai keputusan untuk mengenakan pakaian yang dilakukan secara sadar untuk menjadi suatu identitas yang dimiliki seseorang. Terlebih pada topik penelitian ini mengenai berpakaian batik. Sampel pada penelitian ini berjumlah 180 responden. Pengambilan sampel dengan metode incidental sampling dengan kuesioner. metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional. Pada hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan positif antara self image dengan intensi berpakaian batik, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,258** dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000. This study aims to determine the relationship between self-image and the intention to dress for generation z. According to Amaliyah (2021), self-image is the overall image of an individual and perception of an individual, even though self-image does not match reality, the individual can believe it. While the intention is the intention to do and continue to do certain behaviors (Ramdhani, 2011). The intention to dress can be interpreted as a decision to wear clothes that is done consciously to become an identity that someone has. Especially on the topic of this research regarding wearing batik. The sample in this study amounted to 180 respondents. Sampling using the incidental sampling method with a questionnaire. The research method used is quantitative correlational. The results of this study show that there is a positive relationship between self-image and the intention to wear batik, with a correlation coefficient value of 0.258 ** with a significance level of 0.000

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 46120010039
Uncontrolled Keywords: self image, intensi, berpakaian, batik, generasi z
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: ANISA DESI SAFITRI
Date Deposited: 13 Sep 2024 03:14
Last Modified: 13 Sep 2024 03:14
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/91374

Actions (login required)

View Item View Item