PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP PEMBENTUKAN KONSEP DIRI SISWA SMAN 1 RANGKASBITUNG

NITIPRAJA, SASKIA (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP PEMBENTUKAN KONSEP DIRI SISWA SMAN 1 RANGKASBITUNG. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta - Menteng.

[img] Text (Cover)
44218120062 SASKIA NITIPRAJA-01 COVER - Saskia Nitipraja.pdf

Download (677kB)
[img] Text (Bab 1)
44218120062 SASKIA NITIPRAJA-02 BAB I - Saskia Nitipraja.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text (Bab 2)
44218120062 SASKIA NITIPRAJA-03 BAB II - Saskia Nitipraja.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text (Bab 3)
44218120062 SASKIA NITIPRAJA-04 BAB III - Saskia Nitipraja.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text (Bab 4)
44218120062 SASKIA NITIPRAJA-05 BAB IV - Saskia Nitipraja.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[img] Text (Bab 5)
44218120062 SASKIA NITIPRAJA-06 BAB V - Saskia Nitipraja.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
44218120062 SASKIA NITIPRAJA-08 DAFTAR PUSTAKA - Saskia Nitipraja.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text (Lampiran)
44218120062 SASKIA NITIPRAJA-09 LAMPIRAN - Saskia Nitipraja.pdf
Restricted to Registered users only

Download (968kB)

Abstract

Media sosial TikTok kian berkembang, dimana jumlah pengguna TikTok, menurut data AppAnnie yaitu memiliki 625 juta pengguna aktif di seluruh dunia (FA, 2020). Dalam Forbes bahwa 60% pengguna TikTok terdiri dari Generasi Z, kelahiran tahun 1996 sampai 2010. Seiring dengan penggunaan TikTok pada kalangan generasi z seperti siswa-siswi SMA yang dapat memberikan pengaruh dalam pembentukan konsep diri. Teori Uses and Gratifications (Katz and Blumer), menunjukan kebutuhan secara psikologis dan sosial sehingga menciptakan harapan tertentu dari media masa yang digunakan, yang membawa pada pola terpaan media yang berlainan dan menimbulkan pemenuhan kebutuhan dan akibat-akibat lain. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah penelitian survei pada siswa-siswi SMAN 1 Rangkasbitung yang berjumlah 643 siswa/i pada tanggal 30 Mei 2023. Peneliti mengumpulkan data secara primer yaitu menyebarkan kuesioner melalui google form kepada 87 responden dengan menggunakan Teknik purposive sampling. Hipotesa dalam penelitian ini menggunakan uji t untuk mengetahui sejauhmana pengaruhnya. Korelasi dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi pearson product moment. Hasil perhitungan dengan tingkat signifikasi (uji t) dapat menunjukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, dikarenakan thitung > ttabel, 7,505 > 1,992. Artinya ada pengaruh antara penggunaan media sosial Tiktok terhadap pembentukan konsep diri siswa SMAN 1 Rangkasbitung. Berdasarkan analisis koefisien dihasilkan 0.631 dengan interpretasi antara 0,40 – 0,70 menunjukkan hubungan linier yang positif, artinya semakin besar variable x dapat memberikan pengaruh pada variable Y. Dari hasil regresi r2 = 0.399 . Hal ini berarti variabel pembentukan konsep diri siswa SMAN 1 Rangkasbitung hanya sebesar 39,9% dipengaruhi oleh variabel penggunaan media sosial Tiktok, sedangkan sisanya sebesar 60,1% ditentukan atau dipengaruhi oleh faktor lainnya Social media platform TikTok is growing rapidly, with the number of TikTok users worldwide reaching 625 million active users, according to data from AppAnnie (FA, 2020). Forbes reports that 60% of TikTok users belong to Generation Z, born between 1996 and 2010. As TikTok usage becomes increasingly prevalent among Generation Z, such as high school students, it can have an influence on the formation of self-concepts. The Uses and Gratifications theory (Katz and Blumer) suggests that individuals have psychological and social needs that lead to specific expectations from the mass media they consume, resulting in different media exposure patterns and outcomes. The research conducted here is explanatory in nature and employs a quantitative approach. The research method used is a survey conducted among students of SMAN 1 Rangkasbitung, totaling 643 students, on May 30, 2023. The researcher collected primary data by distributing questionnaires through Google Forms to 87 respondents using purposive sampling techniques. Hypotheses in this study are tested using the t-test to determine the extent of their influence. The correlation in this research is calculated using the Pearson product-moment correlation formula. The calculation results, with a significance level (t-test), indicate that the null hypothesis (Ho) is rejected, and the alternative hypothesis (Ha) is accepted, as t-value > t-table, 7.505 > 1.992. This means that there is an influence of TikTok social media usage on the formation of self-concept among students of SMAN 1 Rangkasbitung. Based on the coefficient analysis, a value of 0.631 is obtained, with an interpretation between 0.40 – 0.70 indicating a positive linear relationship, meaning that the larger variable x can have an impact on variable Y. The regression result (r2 = 0.399) implies that only 39.9% of the variance in the self-concept formation of students at SMAN 1 Rangkasbitung is influenced by TikTok social media usage, while the remaining 60.1% is determined or influenced by other factors.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44218120062
Uncontrolled Keywords: Sosial Media TikTok, Konsep Diri, Siswa-siswi TikTok Social Media, Self-Concept, Students
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: WIDYA AYU PUSPITA NINGRUM
Date Deposited: 30 Aug 2024 08:10
Last Modified: 30 Aug 2024 08:10
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/90909

Actions (login required)

View Item View Item