HAFSARI, YULIANA MAULIDDA (2024) PENGARUH KEWAJIBAN MORAL DAN DIGITALISASI LAYANAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK UMKM DENGAN NASIONALISME SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris pada UMKM Kota Tangerang). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf Download (349kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf Download (79kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) |
||
Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) |
||
Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) |
||
Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) |
||
Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (488kB) |
Abstract
This research aims to examine the influence of moral obligations, digitalization of tax services and a sense of nationalism on taxpayer compliance in Tangerang City MSMEs. This research is quantitative research with a causal approach. The population used in this research is MSME taxpayers who have NPWP (Taxpayer Identification Number) with a sample of 100 MSMEs. The data in this study was taken using the Accidental Sampling technique from MSMEs that have a NPWP and are willing to fill out the Questionnaire. This research uses Partial Least Square (PLS) data analysis with Multiple Linear Regression and Moderate Regression Analysis (MRA) methods. The results of this research show that Moral Obligations influence MSME Taxpayer Compliance, while the Digitalization of Tax Services has no effect on MSME Taxpayer Compliance, and Nationalism cannot strengthen the Influence of Moral Obligations and Tax Service Digitalization on MSME Taxpayer Compliance. Keywords: Moral Obligations, Digitalization of Tax Services, Nationalism, Taxpayer Compliance Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kewajiban moral, digitalisasi layanan pajak dan rasa nasionalisme terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM Kota Tangerang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausal. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah wajib pajak UMKM yang memiliki NPWP (Nomor pokok wajib pajak) dengan sampel sebanyak 100 UMKM. Data pada penelitian ini diambil dengan teknik pengambilan Accidental Sampling pada UMKM yang memiliki NPWP dan bersedia untuk mengisi Kuesioner. Penelitian ini menggunakan analisis data Partial Least Square (PLS) dengan metode Regresi Linear Berganda dan Moderate Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kewajiban Moral berpengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM, sedangkan Digitalisasi Layanan Pajak tidak berpengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM, serta Nasionalisme tidak dapat memperkuat Pengaruh Kewajiban Moral dan Digitalisasi Layanan Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM. Kata Kunci : Kewajiban Moral, Digitalisasi Layanan Pajak, Nasionalisme, Kepatuhan Wajib Pajak
Actions (login required)
View Item |