PERANCANGAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENGENALI KARAKTER PADA BRAND "KOKBISA?"

FIRDAUS, HELMI PRATAMA (2024) PERANCANGAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENGENALI KARAKTER PADA BRAND "KOKBISA?". S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 cover.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 abstrak.pdf

Download (57kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
[img] Text (BAB II)
04 bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img] Text (BAB III)
05 bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text (BAB IV)
06 bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[img] Text (BAB V)
07 bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

KokBisa? is one of the famous educational YouTube channels in Indonesia with 5 million subscribers. The channel uses motion graphic animations to present various topics, ranging from scientific phenomena, and the latest developments, to everyday matters. Despite its high metrics, the channel faces an issue with the characterization of the characters used on the channel, namely Kobi, Sasa, Mang Loncat, Anton, and Sigit. These characters have a rich backstory, characterization, and traits, but because the content of the channel is explanatory rather than narrative, the characterization of these characters is not very visible to the viewers, and some are not even known by name. This project is designed to explain the characterization of these characters through animated works. KokBisa? adalah salah satu kanal YouTube edukasi terkenal di Indonesia dengan 5 juta subscriber, kanal ini menggunakan animasi motion graphic untuk menyampaikan berbagai macam dimulai dari fenomena ilmiah, perkembangan terbaru, atau hal-hal yang biasa. Walaupun dengan metrics yang sangat tinggi, kanal ini memiliki masalah terhadap penokohan karakter yang digunakan pada kanal tersebut, yaitu Kobi, Sasa, Mang Loncat, Anton, dan Sigit. Karakter-karakter ini memiliki masa lalu, penokohan, dan watak yang cukup dalam, namun dikarenakan dari konten kanal tersebut berbentuk penjelasan dan bukan cerita narasi, penokohan karakter-karakter tersebut kurang terlihat di depan mata penonton, ada juga yang Namanya tidak diketahui sama sekali. Perancangan karya ini dibuat untuk menjelaskan penokohan karakterkarakter dari kanal tersebut melalui karya animasi Kata

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FDSK/DKV. 24 031
NIM/NIDN Creators: 42318110042
Uncontrolled Keywords: Animasi, Edukasi, YouTube, KokBisa?, Karakter
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 600. Technology/Teknologi > 604 Technical Drawing/Menggambar Teknik, Hazardous Materials Technology/Teknologi Bahan Berbahaya, groups of people/Kelompok Masyarakat > 604.2 Technical Drawing/Menggambar Teknik > 604.24 Specific Drafting Procedures and Conventions/Prosedur dan Konvensi Perancangan Spesifik
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar > 741.5 Cartoons, Caricatures, Comics Drawings, Comic Books/Teknik Menggambar Kartun, Karikatur, Komik > 741.58 Animated Cartoons/Animasi Kartun
Divisions: Fakultas Desain dan Seni Kreatif > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: ANANDA NADIRA PUTRI
Date Deposited: 23 Aug 2024 07:41
Last Modified: 23 Aug 2024 07:41
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/90660

Actions (login required)

View Item View Item