OPINI PUBLIK MENGENAI ISU “MEGAWATI TAK MAU ASAL PILIH CAWAPRES UNTUK GANJAR” DALAM MEDIA INSTAGRAM @narasinewsroom(Analisis isi Komentar Instagram @narasinewsroom Pada 3 JUNI 2023)

Aida, Annisa Nur (2024) OPINI PUBLIK MENGENAI ISU “MEGAWATI TAK MAU ASAL PILIH CAWAPRES UNTUK GANJAR” DALAM MEDIA INSTAGRAM @narasinewsroom(Analisis isi Komentar Instagram @narasinewsroom Pada 3 JUNI 2023). S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Menteng.

[img] Text (COVER)
44220010067-Annisa Nur Aida - 01 Cover - Anisa Nuraeda.pdf

Download (466kB)
[img] Text (BAB I)
44220010067 - Annisa Nur Aida - 03 Bab 1 - Anisa Nuraeda.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text (BAB II)
44220010067-Annisa Nur Aida-04 Bab 2 - Anisa Nuraeda.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img] Text (BAB III)
44220010067-Annisa Nur Aida-05 Bab 3 - Anisa Nuraeda.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text (BAB IV)
44220010067-Annisa Nur Aida 06 Bab 4 - Anisa Nuraeda.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text (BAB V)
44220010067-Annisa Nur Aida-07 Bab 5 - Anisa Nuraeda.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[img] Text (DAFATAR PUSTAKA)
44220010067-Annisa Nur Aida-09 Daftar Pustaka - Anisa Nuraeda.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
44220010067-Annisa Nur Aida-10 Lampiran - Anisa Nuraeda.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Media Sosial merupakan alat atau sarana untuk bertukar informasi dengan mudah melalui teknologi internet sehingga alat media yang tidak dapat di abaikan.Platform media sosial yang banyak menghasilkan opini publik mengenai isu yang kerap terjadi di lingkungan sosial maupun di pemerintahan adalah Instagram.Instagram dapat memberikan perspektif yang unik dalam menilai bagaimana merespon isu–isu pemerintahan,menyebarkan tentang kegiatan yang dilakukan pemerintah,dan mengekspresikan beragam pendapat. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisa Opini Publik pada postingan “Megawati Tak Asal Mau Pilih Cawapres Untuk Ganjar” Dalam Media @narasinewsroom periode 3 Juni 2024.Pada penelitian ini,peneliti menggunakan konsep Opini Publik dikategorikan menjadi Opini Positif,Opini Negatif dan Opini Netral. Paradigma yang digunakan Positivisme,dengan metode penelitian yang menggunakan analisis isi kuantitatif.Unit analisis penelitian ini adalah teks komentar-komentar,yang dianalisis secara perkomentar,dengan konsep opini publik sebagai operasionalisasi.Populasi penelitian ini terdiri dari 1.100 komentar,sementara sampelnya 293 komentar yang di pilih secara acak.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tenik random sampling.Validitas dan reliabilitas data diuji dengan menggunakan antar dua coder dengan menggunakan rumus Hostly. Hasil penelitian menunjukkan bahwa total 293 komentar yang dianalisi,sebanyak 59 komentar (17%) menyatakan positif yang mendukung Sikap Megawati yang menolak pemilihan calon wakil presiden yang sembrono untuk Ganjar.Disisi lain,sebanyak 217 Komentar (77%) yang merupakan opini negatif yang ketidaksetujuan dalam sikap megawati yang menolak cara pemilihan calon wakil presiden untuk ganjar.Opini netral yang menunjukkan hasil frekuensi sebanyak 17 komentar atau (6%) yang dianggap netral,yang tidak mengandung kata- kata positif maupun negatif. Dari segi gaya bahasa,sinisme menjadi sub- dimensi yang paling mendominasi,muncul 217 komentar (77%) dari Opini negatif. Banyak dari masyarakat mengekspresikan ketidakpercayaan dan penolakan terhadap keputusan Megawati yang terkesan sembarangan dalam pemilihan calon wakil presiden untuk Ganjar.terutama hal ini,terkait dengan keraguan mereka terhadap alasan dan motif dibalik pernyataan Megawati tersebut. Social Media is a tool or means to exchange information easily through internet technology so that media tools that cannot be ignored. Social media platforms that generate a lot of public opinion about issues that often occur in the social environment and in government are Instagram. Instagram can provide a unique perspective in assessing how to respond to government issues, spread about activities carried out by the government, and express various opinions. The purpose of this study is to analyze public opinion on the post “Megawati does not want to choose a vice president for Ganjar” in the @narasinewsroom media for the period June 3, 2024. In this study, researchers used the concept of Public Opinion categorized into Positive Opinion, Negative Opinion and Neutral Opinion. The paradigm used is Positivism, with a research method that uses quantitative content analysis. The unit of analysis of this research is the text of comments, which are analyzed per comment, with the concept of public opinion as operationalization. The population of this study consisted of 1,100 comments, while the sample was 293 comments which were randomly selected. The data collection technique used was random sampling technique. The validity and reliability of the data were tested using between two coders using the Hostly formula. The results showed that a total of 293 comments were analyzed, as many as 59 comments (17%) expressed positively in favor of Megawati's attitude that rejected the frivolous selection of vice presidential candidates for Ganjar.On the other hand, as many as 217 comments (77%) were negative opinions that disagreed with Megawati's attitude that rejected the way of selecting vice presidential candidates for Ganjar.Neutral opinions that showed frequency results were 17 comments or (6%) which were considered neutral, which did not contain positive or negative words. In terms of language style, cynicism is the most dominating sub- dimension, appearing in 217 comments (77%) of negative opinions. Many of the people expressed distrust and rejection of Megawati's seemingly haphazard decision in selecting a vice-presidential candidate for Ganjar. This is mainly related to their doubts about the reasons and motives behind Megawati's statement

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44220010067
Uncontrolled Keywords: Public Relations,New media,Media Social,Opini Publik,Gaya Bahasa Public Relations,New media,Media Social,Public Opinion,Language Style
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: SILMI KAFFA MARISKA
Date Deposited: 23 Aug 2024 02:56
Last Modified: 23 Aug 2024 02:56
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/90629

Actions (login required)

View Item View Item