LATIEF, ZAHRA ALIYYAH (2024) Analisis Isi Pesan Instagram @aniesbaswedan Sebagai Calon Presiden dalam Membangun Citra Diri Jelang Pemilu 2024. S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Menteng.
Text (Cover)
44220010204-ZAHRA ALIYYAH LATIEF-01 COVER - zahra aliyyah latief.pdf Download (608kB) |
|
Text (Abstrak)
44220010204-ZAHRA ALIYYAH LATIEF-02 ABSTRAK - zahra aliyyah latief.pdf Download (245kB) |
|
Text (Bab 1)
44220010204-ZAHRA ALIYYAH LATIEF-03 BAB 1 - zahra aliyyah latief.pdf Restricted to Registered users only Download (396kB) |
|
Text (Bab 2)
44220010204-ZAHRA ALIYYAH LATIEF-04 BAB 2 - zahra aliyyah latief.pdf Restricted to Registered users only Download (415kB) |
|
Text (Bab 3)
44220010204-ZAHRA ALIYYAH LATIEF-05 BAB 3 - zahra aliyyah latief.pdf Restricted to Registered users only Download (434kB) |
|
Text (Bab 4)
44220010204-ZAHRA ALIYYAH LATIEF-06 BAB 4 - zahra aliyyah latief.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (Bab 5)
44220010204-ZAHRA ALIYYAH LATIEF-07 BAB 5 - zahra aliyyah latief.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
44220010204-ZAHRA ALIYYAH LATIEF-08 DAFTAR PUSTAKA - zahra aliyyah latief.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) |
|
Text (Lampiran)
44220010204-ZAHRA ALIYYAH LATIEF-09 LAMPIRAN - zahra aliyyah latief.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (Lembar Keabsahan)
44220010204-ZAHRA ALIYYAH LATIEF-10 Formulir Pernyataan Keabsahan dan Persetujuan Publikasi Tugas Akhir (2) - zahra aliyyah latief.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) |
Abstract
Eksistensi media sosial di Indonesia menjadi salah satu platform untuk melakukan interaksi digital semakin berkembang pesat pada era globalisasi, terutama Instagram. Tak hanya berperan dalam media interaksi digital saja, Instagram juga dimanfaatkan untuk media penyampaian pesan serta wadah kampanye oleh beberapa individu maupun organisasi. Salah satu tokoh yang menggunakan media sosial Instagram sebagai wadah untuk interaksi, penyampaian informasi, serta media kampanye yakni Anies Baswedan. Anies Baswedan mendeklarasikan dirinya sebagai Calon Presiden untuk Pemilu 2024 pada 2 September 2023. Yang di mana dalam periode September 2023, Anies Baswedan sudah menfokuskan seluruh kontennya yang merujuk pada konteks Pemilihan Umum mendatang. Tujuan dalam penelitian ini yaitu mengetahui dan menganalisis kecenderungan isi pesan pada konten Instagram @aniesbaswedan dalam rangka meningkatkan citra diri sebagai Calon Presiden jelang Pemilu 2024. Penelitian ini juga menggunakan konsep sifat pesan yang dibagi menjadi 3 dimensi, seperti informatif, persuasif, dan koersif, serta bentuk pesan yang ditampilkan. Metode yang digunakan yaitu analisis isi kuantitatif dengan paradigma positivisme. Sampel yang digunakan mengikuti banyaknya jumlah populasi dengan total sebanyak 88 unggahan. Kemudian, diuji validitas dan reliabilitas menggunakan 2 coder dengan perhitungan rumus Hostly. Hasil penelitian menunjukan kecenderungan sifat pesan pada konten Instagram @aniesbaswedan pada periode September 2023 ialah sifat pesan persuasif sebesar 57% dengan isi konten yang merujuk pada aktivitas kampanye, sifat pesan informatif sebesar 43%, dan sifat pesan koersif 0%. Sementara, sub dimensi bentuk pesan yang disajikan didominasi oleh teks dan video sebanyak 50 unggahan, teks dan foto sebesar 38 unggahan, serta bentuk pesan berupa teks, video, dan teks saja mendapatkan 0%. The excintece of social media in Indonesia has rapidly developed as a platform for digital interaction in the era of globalization, especially Instagram. Instagram is not only for digital interaction but also as a medium for conveying messages and campaigning by various indviduals and organizations. One notable figure who uses Instagram for interaction, information dissemination and campaigning is Anies Baswedan. On September 2, 2023, Anies Baswedan declared himself a presidential candidate for the 2024 election. Since them throughout September 2023, Anies Baswedan has focues all his content on the upcoming election. The aim of this study is to identify and analyze the tendencies in the content of the Instagram account @aniesbaswedan to enhance his image as a presidential candidate ahead of the 2024 election. This study employs the concept of message characteristics divided into three dimensions: informative, persuasive, and coercive, as well as the forms of the messages presented. The methode used is quantitive content analyisis with a positivist paradigm. The sample size corresponds to the total population of 88 posts. Validity and reliability were tested using 2 coders with the Hostly formula calculation. The results show that during September 2023, the content on @aniesbaswedan’s Instagram tended to be persuasive in nature, comprising 57% of the posts, which primarily focused on campaign activities. Informative content constituted 43% of the posts, while coercive content was 0%. Additionally, the sub-dimensions of the message forms were dominated by text and video with 50 posts, text and photo with 38 posts, and no posts containing text, video and text alone.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 44220010204 |
Uncontrolled Keywords: | Sifat Pesan, Bentuk Pesan, Instagram, Citra Diri. Message Characteristics, Message Forms, Instagram, Self-Image |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | NAYLA AURA RAYANI |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 04:41 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 04:41 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/90069 |
Actions (login required)
View Item |