JAYANTI, PUTRI (2024) POLA PENGGUNAAN APLIKASI PRUNUS DIGI APPS DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMK NUSANTARA 1 KOTA TANGERANG. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf Download (535kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf Download (96kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (608kB) |
||
Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (523kB) |
||
Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) |
||
Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (769kB) |
||
Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (355kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (601kB) |
Abstract
The development of technology in the current digital era has led to advancements in educational media. Consequently, teachers and students need to keep up with the ongoing technological changes. One of the initiatives taken by SMK Nusantara 1 Kota Tangerang to leverage technological advancements is the implementation of the Prunus Digi Apps learning application. However, during its initial use, Prunus Digi Apps was not fully utilized by teachers and students. The objective of this study is to understand the acceptance of Prunus Digi Apps by teachers and students, its strengths and weaknesses, and the usage patterns by both groups in the learning process at SMK Nusantara 1 Kota Tangerang. This study employs the concept of Computer Mediated Communication (CMC). It follows a post-positivism paradigm with a qualitative approach and case study research method. Data collection techniques include interviews and observations. The study's findings indicate that Prunus Digi Apps is well-received by teachers and students as it facilitates learning activities, consolidating all learning activities into one application. The advantages of Prunus Digi Apps in the learning process include making learning easier, more practical, and paperless, as well as making learning activities more orderly and organized. However, Prunus Digi Apps still has some drawbacks, such as occasional server issues, insufficient time for teachers to upload learning administration, and potential cheating by students during exams. The usage pattern adopted is "Smart Flow," which describes how the application is initiated, continued, and effectively utilizes the digital learning environment. Keyword: Usage Patterns, Learning Media, Prunus Digi Apps, Learning Process, Teacher and Students Perkembangan teknologi pada era digital sekarang ini membuat dunia pendidikan ikut serta mengalami kemajuan dalam hal media pembelajaran. Oleh karena itu guru dan siswa perlu mengikuti perubahan zaman yang terus maju di bidang teknologi. Salah satu upaya SMK Nusantara 1 Kota Tangerang untuk memanfaatkan kemajuan teknologi adalah dengan memfaslitasi guru dan siswa dengan aplikasi pembelajaran Prunus Digi Apps, namun pada awal penggunaannya Prunus Digi Apps belum digunakan secara maksimal oleh guru dan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerimaan guru dan siswa, kekurangan dan kelebihan dan pola penggunaan oleh guru dan siswa terhadap Prunus Digi Apps pada proses pembelajaran di SMK Nusantara 1 Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan konsep Computer Mediated Communication (CMC). Penelitian ini menggunakan paradigma post positivisme dengan pendekatan kualitatif dan metode penelitian studi kasus. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah dengan wawancara dan observasi. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa Prunus Digi Apps dapat diterima dengan baik oleh guru dan siswa karena dapat mempermudah kegiatan pembelajaran dan semua kegiatan pembelajaran dapat masuk ke dalam satu aplikasi. Prunus Digi Apps memiliki beberapa kelebihan dalam proses pembelajaran seperti pembelajaran menjadi lebih mudah, praktis dan paperless, selain itu kegiatan pembelajaran menjadi lebih tertib dan teratur. Namun Prunus Digi Apps masih memiliki kekurangan, yaitu server yang terkadang masih mengalami gangguan, kurang waktu bagi guru untuk mengunggah adminstrasi pembelajaran dan masih dapat terjadi kecurangan yang dilakukan oleh siswa saat ujian. Pola penggunaan yang digunakan adalah “Arus Pintar”, dimana pola ini menggambarkan tentang bagaimana penggunaan aplikasi dimulai, berlanjut, dan memanfaatkan lingkungan pembelajaran digital dengan efektif. Kata Kunci: Pola Penggunaan, Media Pembelajaran, Prunus Digi Apps, Proses Pembelajaran, Guru dan Siswa
Actions (login required)
View Item |