EVALUASI DAYA DUKUNG PONDASI BORED PILE PADA PILAR P4 JEMBATAN FLYOVER KERETA API

Cahya, Gilang Dwiki (2024) EVALUASI DAYA DUKUNG PONDASI BORED PILE PADA PILAR P4 JEMBATAN FLYOVER KERETA API. S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Buncit.

[img]
Preview
Text (COVER)
41119310072 - Gilang Dwiki Cahya - 02 Cover.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
41119310072 - Gilang Dwiki Cahya - 03 Abstrak.pdf

Download (29kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
41119310072 - Gilang Dwiki Cahya - 04 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text (BAB 2)
41119310072 - Gilang Dwiki Cahya - 05 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB)
[img] Text (BAB 3)
41119310072 - Gilang Dwiki Cahya - 06 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB)
[img] Text (BAB 4)
41119310072 - Gilang Dwiki Cahya - 07 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
41119310072 - Gilang Dwiki Cahya - 08 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
41119310072 - Gilang Dwiki Cahya - 09 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
41119310072 - Gilang Dwiki Cahya - 10 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (969kB)
[img] Text (JURNAL)
41119310072 - Gilang Dwiki Cahya - 11 Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)

Abstract

Pondasi merupakan struktur yang terletak di bagian bawah dari suatu konstruksi bangunan yang bertemu langsung dengan tanah, struktur pondasi ini yang akan menahan beban yang bekerja di atasnya. Adanya perubahan desain Jembatan Flyover Kereta Api yang semula sebagian berupa timbunan menjadi perpanjangan jembatan, dikarenakan posisinya yang terletak di tanah lunak dan juga memiliki elevasi yang begitu tinggi. Dan juga adanya optimasi desain pada desain awal jembatan untuk mengurangi biaya yang dikeluarkan pada konstruksi jembatan tersebut. Salah satunya pada pilar P4 terdapat perbedaan antara kedalaman pondasi bored pile aktual dengan kedalaman rencana awal sebesar 4,24 m. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, mengevaluasi dan membandingkan hasil perhitungan daya dukung Axial dan Lateral pondasi bored pile dengan metode empiris dan mengetahui hasil perhitungan penurunan tiang pondasi bored pile yang terjadi untuk memastikan pondasi bored pile dapat mampu menopang beban - beban yang bekerja diatasnya. Dari hasil perhilungan analisis yang dilakukan didapatkan daya dukung axial kelompok tiang sebesar 61988,280 kN pada kedalaman desain, dan 55556,246 kN pada kedalaman actual. Kemudian pada daya dukung lateral kelompok tiang sebesar 10080 kN pada defleksi ½ inchi dan 16440 kN pada defleksi 1 inchi. Dan pada perhitungan penurunan segera pada kelompok tiang didapat 2.207 cm pada kedalaman desain dan 2.4306 cm pada kedalaman aktual.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41119310072
Uncontrolled Keywords: Pondasi, Daya Dukung, Axial, Lateral dan Penurunan segera
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Nasruddin Mansyur S.Hum
Date Deposited: 31 May 2024 03:33
Last Modified: 31 May 2024 03:33
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/88825

Actions (login required)

View Item View Item