Eny, Chindy Sevi Anggra (2024) ANALISIS TEBAL LAPIS PERKERASAN LENTUR DENGAN METODE AASHTO 1993 DAN MDP 2017 PADA JALAN KHUSUS BENDUNGAN CIAWI – CIPAYUNG. S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Buncit.
|
Text (COVER)
41120010062 - CHINDY SEVI ANGGRAENY - 02 Cover.pdf Download (644kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
41120010062 - CHINDY SEVI ANGGRAENY - 03 Abstrak.pdf Download (168kB) | Preview |
|
Text (BAB 1)
41120010062 - CHINDY SEVI ANGGRAENY - 04 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) |
||
Text (BAB 2)
41120010062 - CHINDY SEVI ANGGRAENY - 05 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB 3)
41120010062 - CHINDY SEVI ANGGARENY - 06 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (440kB) |
||
Text (BAB 4)
41120010062 - CHINDY SEVI ANGGRAENY - 07 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (777kB) |
||
Text (BAB 5)
41120010062 - CHINDY SEVI ANGGRAENY - 08 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
41120010062 - CHINDY SEVI ANGGRAENY - 10 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
41120010062 - CHINDY SEVI ANGGRAENY - 11 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) |
||
Text (JURNAL)
41120010062 - CHINDY SEVI ANGGRAENY - 12 Jurnal.pdf Restricted to Registered users only Download (427kB) |
Abstract
Perkerasan jalan yaitu struktur lapis yang terletak diatas tanah dasar terdapat lapisan pondasi atas serta pondasi bawah yang setiap lapisan terdiri dari agregat-agregat yang dipadatkan yang memiliki fungsi untuk menyalurkan tegangan akibat beban roda. Salah satu jenis konstruksi perkerasan jalan adalah konstruksi perkerasan lentur (Flexible Pavement), yaitu perkerasan yang menggunakan aspal sebagai bahan pengikat. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data-data pokok, yang selanjutnya akan diolah guna kebutuhan analisa dalam penyelesaian masalah sesuai dengan tujuan yang diharapkan, yaitu membandingkan tebal lapis perkerasan lentur menggunakan metode yang disediakan oleh America Asociation of State Highway Traffic Officials (AASHTO) 1993 dan metode untuk Indonesia sendiri ditetapkan oleh Kemetrian Pekerjaan Umum melalui Direktorat Jendral Bina Marga yaitu Metode Manual Desain Perkerasan (MDP) 2017. Berdasarkan perbandingan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tebal perkerasan lentur yang dihitung dengan Metode AASHTO 1993 antara lain tebal lapis permukaan 15 cm, lapis pondasi atas 11 cm, dan lapis pondasi bawah 15 cm, sedangkan metode MDP 2017 yaitu untuk tebal lapis HRS Base 0,35 cm, LFA Kelas A 2,5 cm cm, kemudian LFA Kelas B 1,25 cm. Dari hasil perhitungan diperoleh Metode Manual Desain Perkerasan (MDP) 2017 memiliki tebal total perkerasan yang lebih tipis dibandingkan dengan metode AASHTO 1993. Hasil lapisan perkerasan dengan AASHTO 1993 didapat lebih efisien untuk digunakan dari pada metode MDP 2017.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 41120010062 |
Uncontrolled Keywords: | AASHTO 1993, MDP 2017, Perkerasan Lentur, Tebal Perkerasan. |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Nasruddin Mansyur S.Hum |
Date Deposited: | 30 May 2024 03:20 |
Last Modified: | 30 May 2024 03:20 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/88806 |
Actions (login required)
View Item |