ROSLITA, ROSLITA (2024) TIPIKASI FOLLOWERS MENGENAI KAMPANYE L’OREAL X JAKLINGKO TENTANG PELECEHAN SEKSUAL DI TRANSPORTASI UMUM PADA INSTAGRAM @CLAURAKIEHL SEBAGAI BRAND AMBASSADOR. S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Menteng.
Text (Cover)
Roslita_44220010261-01 COVER - ros lita.pdf Download (5MB) |
|
Text (Abstrak)
Roslita_44220010261-02 ABSTRAK - ros lita.pdf Download (234kB) |
|
Text (Bab 1)
Roslita_44220010261-03 BAB 1 - ros lita.pdf Restricted to Registered users only Download (375kB) |
|
Text (Bab 2)
Roslita_44220010261-04 BAB 2 - ros lita.pdf Restricted to Registered users only Download (591kB) |
|
Text (Bab 3)
Roslita_44220010261-05 BAB 3 - ros lita.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) |
|
Text (Bab 4)
Roslita_44220010261-06 BAB 4 - ros lita.pdf Restricted to Registered users only Download (629kB) |
|
Text (Bab 5)
Roslita_44220010261-07 BAB 5 - ros lita.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Roslita_44220010261-08 DAFTAR PUSTAKA - ros lita.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) |
|
Text (Lampiran)
Roslita_44220010261-09 LAMPIRAN - ros lita.pdf Restricted to Registered users only Download (467kB) |
|
Text (Lembar Keabsahan)
Roslita_44220010261-10 Hasil Scan Formulir Pernyataan Keabsahan dan Persetujuan Publikasi Tugas Akhir - ros lita.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
Abstract
Kampanye “Stand Up” dari L’Oreal x JakLingko menjadi salah satu cara dalam proses pengedukasian dan mengubah paradigma bagi masyarakat untuk melawan pelecehan seksual di ruang publik. Pelecahan seksual di ruang publik diidentifikasi sebagai isu terpenting yang dihadapi oleh perempuan di seluruh dunia. Melonjaknya kasus pelecehan seksual ini pun para korban cenderung tutup mulut dan tidak berani melawan saat dirinya mendapati tindakan tercela tersebut. Maka dari itu, diharapkan banyak masyarakat yang sadar akan hal ini, agar dapat membantu para penyintas untuk merasa aman dan berani menyuarakan keadilan, salah satunya dengan mendukung atau terlibat dalam kampanye yang berkaitan dengan isu pelecehan seksual. Tipikasi ialah sebuah pengelolaan, produksi makna yang dikelola, diorganisasikan berdasarkan hubungan dengan pengelolaan informasi atau pengalaman lain yang diterima oleh manusia pada masa sebelumnya. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tipikasi yang dibentuk oleh followers terhadap kampanye “Stand Up” L’Oreal x Jak lingko dalam akun media sosial Instagram @claurakiehl . Konsep yang digunakan dalam penelitian ini, antara lain komunikasi, public relations, pelecehan seksual,kampanye public relations, media sosial, Instagram, brand ambassador,dan tipikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan Tipikasi followers melalui pengetahuan dan pengalamannya terhadap kampanye "Stand Up" mencerminkan keberhasilan kampanye dalam mengelola informasi, membangun pemahaman yang mendalam, dan mempengaruhi sikap dan perilaku masyarakat. Kampanye ini berhasil mencapai tujuan-tujuannya dalam menciptakan pemahaman, kesadaran, dan partisipasi masyarakat dalam memerangi pelecehan seksual di transportasi umum. The "Stand Up" campaign from L'Oreal x JakLingko is one way of educating and changing the paradigm for society to fight sexual harassment in public spaces. Sexual harassment in public spaces is identified as the most important issue faced by women around the world. With the increase in cases of sexual harassment, victims tend to keep their mouths shut and do not dare to fight back when they encounter this despicable act. Therefore, it is hoped that many people will be aware of this, so that they can help survivors feel safe and have the courage to speak out for justice, one of which is by supporting or getting involved in campaigns related to the issue of sexual harassment. Typification is management, the production of managed meaning, organized based on relationships with the management of information or other experiences received by humans in previous times. By using descriptive qualitative research methods, this research aims to find out the tips formed by followers regarding the L'Oreal x Jak Lingko "Stand Up" campaign on the Instagram social media account @claurakiehl. The concepts used in this research include communication, public relations, sexual harassment, public relations campaigns, social media, Instagram, brand ambassadors, and typification. The results of this research show that followers' typification through their knowledge and experience of the "Stand Up" campaign reflects the success of the campaign in managing information, building deep understanding, and influencing people's attitudes and behavior. This campaign succeeded in achieving its goals in creating understanding, awareness and public participation in combating sexual harassment on public transportation.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 44220010261 |
Uncontrolled Keywords: | pelecehan seksual, komunikasi, kampanye, kampanye public relations, tipikasi sexual harassment, communication, campaign, public relations campaign, typification |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | ANISA DESI SAFITRI |
Date Deposited: | 28 May 2024 03:19 |
Last Modified: | 28 May 2024 03:19 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/88791 |
Actions (login required)
View Item |