ANALISIS POTENSI PENURUNAN TANAH DAN PERENCANAAN METODE PERBAIKAN TANAH PADA PROYEK KONTRUKSI JALAN TOL

RATNANINGSIH, RATNANINGSIH (2024) ANALISIS POTENSI PENURUNAN TANAH DAN PERENCANAAN METODE PERBAIKAN TANAH PADA PROYEK KONTRUKSI JALAN TOL. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01.Cover.pdf

Download (810kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02.Abstrak.pdf

Download (299kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03.Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text (BAB II)
04.Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (807kB)
[img] Text (BAB III)
05.Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB)
[img] Text (BAB IV)
06.Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
07.Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08.Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09.Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB)

Abstract

he infrastructure development project for toll roads is an effort to realize public services, involving both local and central governments. One of the toll road constructions planned is in Semarang Regency, connecting it with Yogyakarta. The soil conditions consist of soft clay and sandy soil with N-SPT values <10. Soft clay extends to a depth of 24 m, while sandy soil with low N-SPT values is distributed at certain depths. The soft clay has low bearing capacity and high permeability, while the sandy soil may potentially liquefy. Thus, planning for improvement using preloading method with prefabricated vertical drain (PVD) will be implemented to enhance soil bearing capacity. The research methodology begins with data collection and literature review, followed by stratigraphic identification based on Boring Log and Standard Penetration Test. Subsequently, the magnitude of settlement and consolidation time are determined. Settlement reaches 0.841 m with a preloading height of 2.7 m. The time to achieve natural consolidation degree is 16.7 years, whereas consolidation time with PVD is 90 days. Next step is analyzing liquefaction potential using CSR and CRR evaluation method by Idriss and Boulanger approach, where liquefaction potential occurs if FS (Factor of Safety) <1. Analysis results indicate liquefaction occurs at depths of 0-3 m for magnitude 5.0, 0-5.5 m for magnitude 5.9, and 0-9 m for magnitude 6. Proyek pembangunan infrastuktur jalan tol merupakan upaya dalam mewujudkan pelayanan umum, antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat. Salah satu pembangunan jalan tol yang akan dilakukan yakni proyek jalan tol di Kabupaten Semarang, jalan tol ini menghubungkan daerah Kabupaten Semarang dan Yogyakarta. Kondisi tanah dasar pembangunan jalan tol tersebut memiliki jenis tanah lempung lunak dan tanah pasir dengan nilai N-SPT<10. Tanah lempung lunak mencapai kedalaman 24 m, sedangkan tanah pasir dengan N-SPT rendah tersebar pada kedalaman tertentu. Daya dukung tanah lempung lunak tersebut rendah dan memilki permeabilitas tinggi, serta untuk tanah pasir dapat berpotensi akan likuifaksi, sehingga akan dilakukan perencanaan perbaikan metode preloading dengan prefabricated vertical drain (PVD) untuk meningkatkan daya dukung tanah. Metodologi penelitian dimulai dengan pengumpulan data, dan studi literatur. Selanjutnya adalah mengidentifikasi statigrafi perlapisan tanah berdasarkan Boring Log dan Uji Penetrasi Standar. Dilanjutkan dengan menentukan besar penurunan dan lama waktu pemampatan. Penurunan mencapai 0,841 m dengan tinggi preloading 2,7 m. Waktu untuk mencapai derajat konsolidasi alami adalah 16,7 tahun, sedangkan lama waktu konsolidasi dengan PVD adalah 90 hari. Langkah selanjutnya adalah mengnalisis potensi likuifaksi dengan metode evaluasi CSR dan CRR pendekatan Idriss dan Boulanger, potensi likuifaksi terjadi jika nilai FS (Factor Safety) <1. Hasil analisis menunjukan bahwa pada magnitude 5,0SR likuifaksi terjadi pada kedalaman 0-3 m, pada magnitude 5,9SR likuifaksi terjadi pada kedalaman 0-5,5 m, sedangkan untuk magnitude 6, likuifaksi terjadi pada kedalaman 0-9 m Kata kunci : Penurunan tanah; Preloading; PVD; Likuifaksi

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/SIP. 24 059
Call Number: ST/11/24/039
NIM/NIDN Creators: 41120010068
Uncontrolled Keywords: Penurunan tanah; Preloading; PVD; Likuifaksi
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 155 Differential and Developmental Psychology/Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan > 155.9 Environmental Psychology/Psikologi Lingkungan > 155.96 Influence of Restrictive Environments/Pengaruh Lingkungan Perbatasan > 155.964 Subterranean Structures/Struktur Rahasia, Struktur Bawah Tanah
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil > 624.1 Structural Engineering and Underground Construction/Teknik Struktural dan Konstruksi Bawah Tanah
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 14 May 2024 05:59
Last Modified: 14 May 2024 05:59
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/88678

Actions (login required)

View Item View Item