SIHABUDIN, MUHAMAD ILHAM (2024) IMPLEMENTASI ALGORITMA NAIVE BAYES UNTUK KLASIFIKASI KONTEN YANG AKAN DIUNGGAH KE AKUN BISNIS PADA APLIKASI IG BLAST. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf Download (494kB) |
|
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf Download (37kB) |
|
Text (BAB I)
03 Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) |
|
Text (BAB II)
04 Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (73kB) |
|
Text (BAB III)
05 Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (83kB) |
|
Text (BAB IV)
06 Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (760kB) |
|
Text (BAB V)
07 Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (27kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
This research aims to make it easier for marketers who have a variety of businesses and have many Instagram accounts to market their products without the need to log into the Instagram account one by one. Therefore, researchers built a website application that can manage Instagram accounts and upload content to various Instagram accounts in one application without the need to log in to Instagram first. This application is also equipped with a recommendation feature to classify content to be uploaded according to which Instagram account, this recommendation feature uses the Naïve Bayes Algorithm to perform the classification. The Naïve Bayes algorithm is a classification method using probability and statistical statistics proposed by British scientist Thomas Bayes. The sample data in this application is taken from the category filled in when adding an Instagram account to the application, besides that the data is also taken from the upload history made by the user. In this study, researchers have prepared 132 datasets and 3 Instagram accounts that are used for uploading purposes, from the results of the tests that have been carried out it can be concluded that the recommendation feature using the Naïve Bayes Algorithm provides appropriate recommendations. Keywords: Instagram, Naïve Bayes Algorithm, web application, recommendation feature, content Penelitian ini bertujuan untuk mempermudah pemasar yang memiliki berbagai macam usaha dan memiliki banyak akun Instagram untuk memasarkan produknya tanpa perlu melakukan login ke akun Instagram tersebut satu persatu. Oleh sebab itu peneliti membangun sebuah website aplikasi yang dapat mengelola akun Instagram dan melakukan upload konten ke berbagai akun Instagram dalam satu aplikasi tanpa perlu melakukan login terlebih dahulu ke Instagram tersebut. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur rekomendasi untuk mengklasifikasikan konten yang akan diupload sesuai dengan akun Instagram yang mana, fitur rekomendasi ini menggunakan Algoritma Naïve Bayes untuk melakukan klasifikasinya. Algoritma Naïve Bayes merupakan sebuah metode klasifikasi menggunakan metode probabilitas dan statistik statistik yang dikemukakan oleh ilmuwan Inggris Thomas Bayes. Pengambilan data sampel dalam aplikasi ini diambil dari kategori yang diisi ketika menambahkan akun Instagram ke dalam aplikasi selain itu data juga diambil dari riwayat upload yang dilakukan oleh user. Dalam penelitian ini peneliti sudah menyiapkan sebanyak 132 dataset dan 3 akun Instagram yang digunakan untuk tujuan upload, dari hasil test yang sudah dilakukan dapat disimpulkan fitur rekomendasi dengan menggunakan Algoritma Naïve Bayes memberikan rekomendasi yang sesuai. Kata Kunci : Instagram, Algoritma Naïve Bayes, web aplikasi, fitur rekomendasi, konten
Actions (login required)
View Item |