PERANCANGAN VIRTUAL REALITY DALAM LEGENDA GUNUNG TANGKUBAN PERAHU

PURNOMO, DONI (2017) PERANCANGAN VIRTUAL REALITY DALAM LEGENDA GUNUNG TANGKUBAN PERAHU. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. COVER.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (400kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (931kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (901kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB)

Abstract

Indonesia merupakan negara yang luas, terdiri dari berbagai macam suku dan beraneka ragam budayanya, salah satu peninggalan budaya di Indonesia adalah cerita rakyat yang mengandung pesan moral luhur dan sampai sekarang masih di lestarikan baik dalam bentuk buku maupun video. Era globalisasi memberikan dampak positif namun juga sebaliknya memberikan dampak negatif pada berbagai aspek dalam kehidupan manusia, salah satu dampak negatif yang terjadi di Indonesia adalah aspek kebudayaan yang nilai-nilainya sudah mulai luntur dan ditinggalkan oleh masyarakatnya. Melalui media elektronik yang semakin canggih berbagai bentuk hiburan seperti musik, film maupun komik dari negara lain sangat mudah untuk diakses dan cenderung lebih di sukai oleh masyarakat Indonesia baik dari kalangan anak-anak maupun orang dewasa. Oleh karena itu dengan hadirnya video virtual reality tentang cerita rakyat Indonesia ini diharapkan dapat bersaing dalam ranah teknologi yang sekarang sedang nge-trend yaitu teknologi virtual reality dan dapat menjadi solusi yang efisien dan efektif sehingga mampu menumbuhkan kembali rasa cinta akan budaya Indonesia. Hasil dari perancangan ini berupa video virtual reality tentang cerita rakyat dari jawa barat yaitu gunung tangkuban perahu. Video ini bisa dinikmati dengan menggunakan handphone dan VR glasses/google cardboad, video ini bisa menjangkau semua lapisan masyarakat karena video ini dapat diakses melalui Youtube yang sudah mampu untuk menampilkan video berbasis virtual reality atau tampilan 360°.Indonesia is a vast country, composed of various tribes and various cultures, one of the cultural heritage in Indonesia is a folklore that contains a sublime moral message and is still preserved in the form of books and videos. The era of globalization has a positive impact but also has a negative impact on various aspects of human life, one of the negative impacts that occurred in Indonesia is the cultural aspect which has already started to be faded and abandoned by the people. Through increasingly sophisticated electronic media with various forms of entertainment such as music, movies and comics from other countries is very easy to access and is preferred by the Indonesian community both from children and adults. Therefore, with the presence of virtual reality video about Indonesian folklore is expected to compete in the realm of technology which is being nge-trend is virtual reality technology and can be an efficient and effective solution so as to grow back the love of Indonesian culture. The result of this design becomes a virtual reality video about folklore from western Java that is tangkuban mountain. This video can be enjoyed by using mobile phones and glasses VR / google cardboad, this video can fit all walks of life because this video can be accessed via Youtube which is able to display videos based on virtual reality or 360 ° view.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FDSK/DP. 17 130
NIM/NIDN Creators: 41913110067
Uncontrolled Keywords: virtual reality, gunung tangkuban perahu, folklore, dongeng, cerita rakyat, jawa barat
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 390 Customs of People/Adat Istiadat dan Kebiasaan Masyarakat Berdasarkan Status Ekonomi dan Kelas Sosial > 398 Folklore/Cerita Rakyat > 398.2 Folk Literature, Fairy Tales, Myth, Mythology/Cerita Rakyat, Dongeng, Mitos, Mitologi
600 Technology/Teknologi > 600. Technology/Teknologi > 604 Technical Drawing/Menggambar Teknik, Hazardous Materials Technology/Teknologi Bahan Berbahaya, groups of people/Kelompok Masyarakat > 604.2 Technical Drawing/Menggambar Teknik > 604.24 Specific Drafting Procedures and Conventions/Prosedur dan Konvensi Perancangan Spesifik
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 700. Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 704 Special Topics in Fine and Decorative Arts/Topik Khusus tentang Karya Seni
Divisions: Fakultas Desain dan Seni Kreatif > Desain Produk
Depositing User: NAJLA
Date Deposited: 02 May 2024 07:04
Last Modified: 02 May 2024 07:04
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/88366

Actions (login required)

View Item View Item