PENGARUH MOTIF MENONTON PROGRAM ACARA TONIGHT SHOW TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI DAN HIBURAN (Survei Terhadap Mahasiswa Program Studi Broadcasting Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Jakarta)

BHAKTI, ALDHEA NURAHMA (2024) PENGARUH MOTIF MENONTON PROGRAM ACARA TONIGHT SHOW TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI DAN HIBURAN (Survei Terhadap Mahasiswa Program Studi Broadcasting Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Jakarta). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (150kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (826kB)

Abstract

Television is the most widely consumed media by society today. One of the reasons television is a public consumption is the diverse range of programs it offers, one of which is entertainment. The multitude of television programs providing entertainment also impacts their audience, such as the Tonight Show. This research aims to determine the extent to which the Tonight Show influences the information and entertainment needs among Broadcasting students at Mercu Buana University. The Uses and Gratifications model is a theory that investigates the psychological and social origins of human needs, which subsequently create certain expectations from mass media or other sources and fulfill those needs. Thus, this theory is utilized to complement the research. This study employs a quantitative method, specifically a survey conducted among Tonight Show viewers. Based on the research findings, the correlation coefficient generated from the Pearson Product Moment correlation between variable X (Influence of the Tonight Show Program) and variable Y (Fulfillment of Information and Entertainment Needs) is 0.835. From these results, it can be concluded that the value of 0.835 is above the range of 0.60 – 0.799, indicating a strong level of relationship or correlation between the two variables in this study. Keywords: Television Program, Tonight Show, Information and Entertainment, Television Televisi merupakan media yang paling banyak dikonsumsi saat ini oleh masyarakat. Salah satu alasan televisi menjadi konsumsi publik adalah program yang disajikan sangat beragam, salah satunya adalah hiburan. Banyaknya program acara televisi yang memberikan hiburan dan juga memberikan dampak untuk penonton nya, seperti contohnya Tonight Show. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Pengaruh Tonight Show mempengaruhi kebutuhan informasi dan hiburan di kalangan Broadcasting Universitas Mercu Buana. Teori Uses and gratifications model adalah teori yang meneliti asal mula kebutuhan manusia secara psikologis dan sosial, yang kemudian menimbulkan harapan tertentu dari media massa atau sumber-sumber lain dan menimbulkan pemenuhan kebutuhan. Dengan begitu teori tersebut dipakai untuk melengkapi penelitian yang saya ambil. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Metode yang digunakan adalah penelitian survey kepada penonton Tonight Show. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan angka korelasi yang di hasilkan dari Pearson Product Moment pada penelitian antara variabel X (Pengaruh Program Acara Tonight Show) dengan variabel Y (Pemenuhan Kebutuhan Informasi dan Hiburan) adalah sebesar 0,835. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa angka 0,835 itu berada diatas tingkatan 0,60 – 0,799 yang menunjukkan bahwa tingkat hubungan atau korelasi antara kedua variabel dalam penelitian kali ini berada di tingkatan hubungan atau korelasi yang kuat. Kata kunci : Program Acara, Tonight Show, Informasi dan Hiburan, Televisi

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 24 047
NIM/NIDN Creators: 44119010017
Uncontrolled Keywords: Program Acara, Tonight Show, Informasi dan Hiburan, Televisi
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 791 Public Performances/Pertunjukan Umum > 791.4 Motion Pictures, Radio, Television/Gambar Gerak, Radio, Televisi
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 791 Public Performances/Pertunjukan Umum > 791.4 Motion Pictures, Radio, Television/Gambar Gerak, Radio, Televisi > 791.43 Motion Pictures, Movies, Cinema/Bioskop, Movie, Film Hiburan, Sinema
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 27 Apr 2024 02:34
Last Modified: 27 Apr 2024 02:34
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/88245

Actions (login required)

View Item View Item