BHAKTI, ALDHEA NURAHMA (2024) PENGARUH MOTIF MENONTON PROGRAM ACARA TONIGHT SHOW TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI DAN HIBURAN (Survei Terhadap Mahasiswa Program Studi Broadcasting Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Jakarta). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf Download (599kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf Download (150kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) |
||
Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) |
||
Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) |
||
Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (620kB) |
||
Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (30kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (28kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (826kB) |
Abstract
Television is the most widely consumed media by society today. One of the reasons television is a public consumption is the diverse range of programs it offers, one of which is entertainment. The multitude of television programs providing entertainment also impacts their audience, such as the Tonight Show. This research aims to determine the extent to which the Tonight Show influences the information and entertainment needs among Broadcasting students at Mercu Buana University. The Uses and Gratifications model is a theory that investigates the psychological and social origins of human needs, which subsequently create certain expectations from mass media or other sources and fulfill those needs. Thus, this theory is utilized to complement the research. This study employs a quantitative method, specifically a survey conducted among Tonight Show viewers. Based on the research findings, the correlation coefficient generated from the Pearson Product Moment correlation between variable X (Influence of the Tonight Show Program) and variable Y (Fulfillment of Information and Entertainment Needs) is 0.835. From these results, it can be concluded that the value of 0.835 is above the range of 0.60 – 0.799, indicating a strong level of relationship or correlation between the two variables in this study. Keywords: Television Program, Tonight Show, Information and Entertainment, Television Televisi merupakan media yang paling banyak dikonsumsi saat ini oleh masyarakat. Salah satu alasan televisi menjadi konsumsi publik adalah program yang disajikan sangat beragam, salah satunya adalah hiburan. Banyaknya program acara televisi yang memberikan hiburan dan juga memberikan dampak untuk penonton nya, seperti contohnya Tonight Show. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Pengaruh Tonight Show mempengaruhi kebutuhan informasi dan hiburan di kalangan Broadcasting Universitas Mercu Buana. Teori Uses and gratifications model adalah teori yang meneliti asal mula kebutuhan manusia secara psikologis dan sosial, yang kemudian menimbulkan harapan tertentu dari media massa atau sumber-sumber lain dan menimbulkan pemenuhan kebutuhan. Dengan begitu teori tersebut dipakai untuk melengkapi penelitian yang saya ambil. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Metode yang digunakan adalah penelitian survey kepada penonton Tonight Show. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan angka korelasi yang di hasilkan dari Pearson Product Moment pada penelitian antara variabel X (Pengaruh Program Acara Tonight Show) dengan variabel Y (Pemenuhan Kebutuhan Informasi dan Hiburan) adalah sebesar 0,835. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa angka 0,835 itu berada diatas tingkatan 0,60 – 0,799 yang menunjukkan bahwa tingkat hubungan atau korelasi antara kedua variabel dalam penelitian kali ini berada di tingkatan hubungan atau korelasi yang kuat. Kata kunci : Program Acara, Tonight Show, Informasi dan Hiburan, Televisi
Actions (login required)
View Item |