EVALUASI SIMPANG TAK BERSINYAL PADA RUAS JALAN KAPUK RAYA JAKARTA BARAT DENGAN MENGGUNAKAN MANUAL KAPASITAS JALAN INDONESIA (MKJI 1997

CHOIRUDIN, MUHAMAD IBNU (2017) EVALUASI SIMPANG TAK BERSINYAL PADA RUAS JALAN KAPUK RAYA JAKARTA BARAT DENGAN MENGGUNAKAN MANUAL KAPASITAS JALAN INDONESIA (MKJI 1997. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Hal Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (401kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB)
[img] Text (BAB II)
4. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB III)
5. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (765kB)
[img] Text (BAB IV)
6. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (842kB)
[img] Text (BAB V)
7. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN)
8. Hal Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang sering ditemui pada sistem transportasi perkotaan adalah timbulnya kemacetan lalu lintas di ruas jalan dan adanya konflik di persimpangan khususnya pada simpang tak bersinyal Kapuk Raya Jakarta Barat. Melihat permasalahan yang ada maka perlu adanya analisis terhadap simpang agar didapat optimasi peningkatan kinerja yang tepat.Data-data yang diperlukan dalam proses analisis kinerja ini adalah data primer yang berupa hasil survai lalu lintas pada jam puncak dengan metoda pencacahan secara manual berdasarkan hasil rekaman kamera udara / drone yang berisi video pantauan arus lalu lintas pada waktu dan hari yang telah ditentukan. Selain itu diperlukan juga data sekunder sebagai data pendukung dalam pengolahan data. Prosedur analisis simpang ini secara umum mengacu pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia Tahun 1997.Dari hasil kinerja simpang didapat derajat kejenuhan tertinggi yaitu terjadi pada sore hari dengan nilai DS sebesar 1,893 dan peluang antrian 162% - 385%. Dengan melakukan optimasi kinerja Alternatif 1 yaitu dengan pelebaran jalan 2 meter pada masing-masing ruas jalan Minor dan Mayor dan pemasangan rambu larangan berhenti di sekitar simpang, maka didapat nilai derajat kejenuhan sebesar 1,705 dengan peluang antrian 127% - 289%. Sedangkan pada Alternatif 2 yaitu penggabungan Alternatif 1 ditambah dengan memberikan median pada jalan Mayor sebesar 1 meter serta penambahan lebar jalan Mayor 3 meter dan jalan Minor 2 meter, maka didapat nilai derajat kejenuhan sebesar 1,590 dengan peluang antrian 109% - 241%. Alternatif 3 adalah penggabungan Alternatif 1 dan 2 ditambah dengan larangan belok kanan pada masing-masing jalan Minor yang akan menuju jalan Mayor, dengan hasil optimasi ini dapat menurunkan angka derajat kejenuhan menjadi 1,338 dengan nilai peluang antrian sebesar 74% - 155%

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/SIP. 17 173
NIM/NIDN Creators: 41111120052
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Simpang Tak Bersinyal
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 388 Ground Transportation/Transportasi Jalan Raya
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 388 Ground Transportation/Transportasi Jalan Raya > 388.1 Roads/Jalan
500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 530 Physics/Fisika > 536 Heat/Panas > 536.6 Calorimetry, Heat Capacity/Kalorimetri, Kapasitas Kalor
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: NAJLA
Date Deposited: 01 Apr 2024 03:47
Last Modified: 01 Apr 2024 03:47
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/87770

Actions (login required)

View Item View Item