POLA KOMUNIKASI KAUM LESBIAN (Studi Kasus Komunikasi Interpersonal Pada Komunitas Lesbian)

SUSANTI, DEWI (2017) POLA KOMUNIKASI KAUM LESBIAN (Studi Kasus Komunikasi Interpersonal Pada Komunitas Lesbian). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. HALAMAN COVER.pdf

Download (713kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. HALAMAN ABSTRAK.pdf

Download (168kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text (BAB IV)
6.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN)
8. HALAMAN DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB)

Abstract

Homoseksual sudah menjadi suatu fenomena yang banyak dibicarakan di masyarakat, baik di berbagai Negara maupun di Indonesia. Pola komunikasi pada lesbian menjadi salah satu pendorong peningkatan hubungan interpersonal dan kesuksesan dalam membina hubungan. Pola komunikasi kaum lesbian menjadi hal yang menarik, mengingat hal tersebut bukan hal mudah yang dapat dilakukan. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab fokus penelitian, yaitu Bagaimana pola komunikasi interpersonal pada lesbian. Dalam penelitian ini pola komunikasi yang lebih ditekankan terdapat pada proses komunikasi interpersonal yang terjadi dalam sebuah hubungan antara pasangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi lesbian, serta simbol dan ciri-ciri yang digunakan lesbian seperti bagaimana bahasa yang mereka gunakan. Subyek dalam penelitian ini terdiri dari 4 orang lesbian yang bertempat tinggal di Kota Jagakarsa. Penelitian ini menggunakan landasan teori interaksi simbolik dari George Herbert Mead. Mengacu kepada pendekatan interpersonal menggunakan bahasa verbal dan non-verbal yang dilakukan oleh kaum lesbian. Pada penelitian ini Metode yang digunakan adalah metode studi kasus dengan melakakan wawancara mendalam kepada narasumber. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. sedangkan tipe penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat beberapa simbol yang digunakan kaum lesbian, yaitu simbol yang diperlihatkan melalui penampilan/fisik, sikap atau perilaku dan bahasa/kata-kata. Para lesbian tersebut menggunakan simbol-simbol tersebut sesuia dengan karakter yang mana bucthy yang memakai simbol tersebut dan biasanya simbol tersebut digunakan saat mereka sedang berkumpul bersama komunitasnya.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 17 196
NIM/NIDN Creators: 44212120177
Uncontrolled Keywords: KOMUNIKASI KAUM LESBIAN
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: SHAFAUSSARIRAH
Date Deposited: 27 Mar 2024 05:56
Last Modified: 27 Mar 2024 05:56
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/87661

Actions (login required)

View Item View Item