PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL REMAJA

MUNIR, KHAIRUL AKBAR (2024) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL REMAJA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (622kB)
[img] Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (67kB)
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)

Abstract

The purpose of this study was to determine whether there is an influence of parenting style applied by parents on adolescent emotional intelligence. Parenting is essentially parental control, which means how parents supervise, teach, and support their children to complete their developmental responsibilities during the maturation process. Emotional Intelligence is the capacity to empathize with others, inspire oneself, and effectively control one's emotions both within oneself and in interpersonal relationships. The analysis technique used is a simple linear regression technique using the help of SPSS. The data collection technique uses the Accidental Sampling sample technique with a population and sample of 92 respondents. The results of this study showed that Authoritarian Parenting has an R Square value of 0.341 which means that Authoritarian Parenting is proven to affect emotional intelligence simultaneously by 34.1% and the remaining 65.9% is influenced by other factors that were not studied by researchers. Keywords: Parenting, Emotional Intelligence, Yout Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pola asuh yang diterapkan orang tua terhadap kecerdasan emosional remaja. Pola asuh pada dasarnya adalah pengendalian orang tua, yang berarti bagaimana orang tua mengawasi, mengajar, dan mendukung anaknya untuk menyelesaikan tanggung jawab perkembangannya selama proses pendewasaan. Kecerdasan Emosional merupakan kapasitas untuk berempati dengan orang lain, menginspirasi diri sendiri, dan secara efektif mengendalikan emosi seseorang baik di dalam diri sendiri maupun dalam hubungan interpersonal. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik regresi linier sederhana dengan menggunakan bantuan SPSS. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik sampel Accidental Sampling dengan populasi dan sampel sebanyak 92 responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pola Asuh Otoriter memiliki nilai R Square sebesar 0,341 yang berarti bahwa Pola Asuh Otoriter terbukti dapat memengaruhi kecerdasan emosional secara simultan sebesar 34,1% dan sisanya 65,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya yang tidak diteliti oleh peneliti. Kata Kunci: Pola Asuh, Kecerdasan Emosional, Remaja

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FP/PSI. 24 043
NIM/NIDN Creators: 46118010042
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh, Kecerdasan Emosional, Remaja
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 155 Differential and Developmental Psychology/Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan > 155.5 Psychology of Young People Twelve to Twenty/Psikologi Remaja > 155.53 Young People Twelve to Twenty by Sex/Psikologi Remaja Menurut Jenis Kelamin Usia 12 sampai dengan 20 Tahun
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 155 Differential and Developmental Psychology/Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan > 155.6 Psychology of Adults/Psikologi Dewasa
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 26 Mar 2024 02:00
Last Modified: 26 Mar 2024 02:00
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/87556

Actions (login required)

View Item View Item