PENGELOLAAN IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MEMPERBAIKI MOTIVASI KERJA DAN KINERJA KARYAWAN DI PERUSAHAAN JASA KONTRAKTOR (STUDI KASUS PADA PT. XYZ)

ASTUTI, NOVA WIDYA TRI (2024) PENGELOLAAN IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MEMPERBAIKI MOTIVASI KERJA DAN KINERJA KARYAWAN DI PERUSAHAAN JASA KONTRAKTOR (STUDI KASUS PADA PT. XYZ). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (452kB)
[img] Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf

Download (119kB)
[img] Text (BAB I)
03 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text (BAB II)
04 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] Text (BAB III)
05 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text (BAB IV)
06 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[img] Text (BAB V)
07 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)

Abstract

The characteristics of contracting, mechanical and air conditioning service companies are very different and unique compared to other service companies. This company is closely related to time during the process of implementing project work. Mechanical, electrical and air conditioning contractor service companies must have strong and effective project management capabilities, because basically in the work of contractor service companies must be able to plan, organize, careful supervision to control a project properly. The company's communication process carried out by contractor services must be carried out effectively with both internal and external parties. The climate of communication carried out by contractor service companies is fast-paced and precise. This is due to the race to time efficiency. This fast-paced and precise communication climate causes employee motivation and performance to decline. The purpose of this research is to find out how the management of the organizational communication climate of PT.XYZ in an effort to improve work motivation and employee performance, This research uses a descriptive qualitative approach and uses a case study research method. This research uses human relations theory, work motivation theory and employee performance theory. The data collection techniques in this research are interviews and observations. The results of this study are the lack of work motivation of PT.XYZ employees due to high hygiene factors and low motivator factors, meaning that employees have complaints, but they are less motivated. The management of the organizational communication climate in shaping high work motivation has not been fully transparent. The communication climate that occurs at PT.XYZ tends to be unstable and can change, it can be seen from the process of managing the organizational communication climate in the conditions at the beginning of the year and the conditions at the end of the year. The organizational communication climate at PT.XYZ is fluctuating. Communication climate management in shaping work motivation and high performance must be done transparently and employees must be able to adapt to different communication climate dynamics at the end of the year or at the beginning of the year when starting project work. Keywords: Communication Climate Management, Work Motivation, Employee Performance, Organizational Communication, Human Relations Theory Karakteristik perusahaan jasa kontraktor, mekanikal dan tata udara sangat berbeda dan unik dibandingkan dengan perusahaan jasa lainnya. Perusahaan ini sangat berkaitan dengan waktu pada saat proses pelaksanaan pekerjaan proyek. Perusahaan jasa kontraktor mekanikal, elektrikal dan tata udara harus memiliki kemampuan manajemen proyek yang kuat dan efektif, karena pada dasarnya di dalam pekerjaan perusahaan jasa kontraktor harus mampu dalam merencanakan, mengorganisir, pengawasan yang cermat untuk mengendalikan sebuah proyek dengan baik. Proses komunikasi perusahaan yang dilakukan oleh jasa kontraktor harus dapat dilakukan dengan efektif baik dengan pihak internal maupun eksternal. Iklim komunikasi yang dilakukan oleh perusahaan jasa kontraktor adalah serba cepat dan tepat. Hal tersebut dikarenakan berpacu pada efisiensi waktu. Iklim komunikasi yang serba cepat dan tepat ini menyebabkan motivasi kerja dan kinerja karyawan menurun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengelolaan iklim komunikasi organisasi PT.XYZ dalam upaya memperbaiki motivasi kerja dan kinerja karyawan, Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dan menggunakan metode penelitian studi kasus. Penelitian ini menggunakan teori hubungan manusia, teori motivasi kerja dan teori kinerja karyawan.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini yaitu kurangnya motivasi kerja karyawan PT.XYZ dikarenakan faktor hygiene yang tinggi dan faktor motivator rendah, artinya karyawan memiliki keluhan, tetapi mereka kurang termotivasi. Pengelolaan iklim komunikasi organisasi dalam membentuk motivasi kerja yang tinggi belum dilakukan sepenuhnya transparansi. Iklim komunikasi yang terjadi di PT.XYZ cenderung tidak stabil dan dapat berubah, hal tersebut dapat dilihat dari proses pengelolaan iklim komunikasi organisasi pada kondisi diawal tahun dan kondisi diakhir tahun. Iklim komunikasi organisasi di PT.XYZ bersifat fluktuasi. Pengelolaan iklim komunikasi dalam membentuk motivasi kerja dan kinerja yang tinggi harus dilakukan transparansi dan karyawan harus dapat beradaptasi dengan dinamika iklim komunikasi yang berbeda diakhir tahun ataupun diawal tahun saat akan memulai pekerjaan project. Kata Kunci : Pengelolaan Iklim Komunikasi, Motivasi Kerja, Kinerja Karyawan, Komunikasi Organisasi, Teori Hubungan Manusia

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CD/552. 24 006
NIM/NIDN Creators: 55221120010
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Iklim Komunikasi, Motivasi Kerja, Kinerja Karyawan, Komunikasi Organisasi, Teori Hubungan Manusia
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
400 Language/Bahasa > 400. Language/Bahasa > 406 Organizations and management/Organisasi dan Manajemen
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 22 Mar 2024 07:31
Last Modified: 22 Mar 2024 07:31
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/87425

Actions (login required)

View Item View Item