STRATEGI PROMOSI LAYANAN BNIDirect UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PENGGUNA PADA TAHUN 2023

UFAIRAH, ADILAH (2024) STRATEGI PROMOSI LAYANAN BNIDirect UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PENGGUNA PADA TAHUN 2023. S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Menteng.

[img] Text (Cover)
44320110056 ADILAH UFAIRAH 01. Cover - adilah ufairah.pdf

Download (347kB)
[img] Text (Abstrak)
44320110056 ADILAH UFAIRAH-02 Abstrak - adilah ufairah.pdf

Download (34kB)
[img] Text (Bab 1)
44320110056 ADILAH UFAIRAH-03 Bab 1 - adilah ufairah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text (Bab 2)
44320110056 ADILAH UFAIRAH-04 Bab 2 - adilah ufairah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text (Bab 3)
44320110056 ADILAH UFAIRAH-05 Bab 3 - adilah ufairah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[img] Text (Bab 4)
44320110056 ADILAH UFAIRAH-06 Bab 4 - adilah ufairah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB)
[img] Text (Bab 5)
44320110056 ADILAH UFAIRAH-07 Bab 5 - adilah ufairah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
44320110056 ADILAH UFAIRAH-08 Daftar Pustaka - adilah ufairah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text (Lampiran)
44320110056 ADILAH UFAIRAH-09 Lampiran - adilah ufairah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (708kB)
[img] Text (Formulir kebasahan dan publikasi TA)
Pernyataan Keabsahan dan Persetujuan Publikasi Tugas Akhir ADILAH UFAIRAH - adilah ufairah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)

Abstract

Teknologi dan informasi yang semakin berkembang memiliki peran penting dalam terciptanya digital bangking sebagai solusi unggulan perbankan bagi nasabahnya baik perorangan dan perusahaan. Penggunaan layanan manajemen keuangan corporate digital banking atau wholesale banking menjadi solusi kerjasama business to business (B2B) antara perusahaan dan perbankan. Banyak bank yang menawarkan layanan perbankan B2B, tidak terkecuali BNI sebagai Bank BUMN yang mempunyai layanan corporate digital banking BNIDirect. BNIDirect mengalami kenaikan pengguna pada setiap tahunya dan pada tahun 2023 meningkat hingga 46,9% atau sebesar 46.940 jumlah pengguna dari tahun sebelumnya. Keberhasilan BNIDirect dalam meningkatkan jumlah pengguna tidak lepas dari baiknya perencanaan, strategi promosi, dan aktivitas marketing komunikasi yang dijalankan sehingga dapat bersaing dengan wholesale digital channel perbankan lain. Oleh karena itu, penulis ingin mengetahui bagaimana Strategi Promosi Layanan BNIDirect untuk Meningkatkan Jumlah Pengguna pada Tahun 2023. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis dengan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu wawancara mendalam ditambah data sekunder dengan observasi isi media sosial dan kepustakaan. Adapun keabsahan data dalam penelitian menggunakan metode triangulasi sumber dan dokumentasi, penelitian ini berfokus untuk mengetahui strategi promosi layanan BNIDirect dijalankan dan berdampak pada peningkatan jumlah penggunanya di tahun 2023 dan penulis menemukan bahwa lonjakan pengguna BNIDirect terjadi dikarenakan BNIDirect menjawab needs Nasabah B2B dengan berbagai keunggulan fitur dalam bertransaksi, serta dukungan aktivitas marketing komunikasi yang massive melalui penerapan marketing mix (POMCE, STP, IMC, Promotion, SWOT dan diffusion of innovation theory dalam mengadopsi layanan atau jasa) untuk Awareness kepada Nasabah. The increasingly advancing technology and information play a crucial role in the creation of digital banking as a superior banking solution for both individual and corporate customers. The use of corporate digital banking or wholesale banking financial management services becomes a business-to-business (B2B) collaboration solution between companies and banking institutions. Many banks offer B2B banking services, including BNI as a state-owned bank that provides BNIDirect corporate digital banking services. BNIDirect has experienced an increase in users every year, with a significant increase in 2023, reaching 46.9% or 46,940 users compared to the previous year. The success of BNIDirect in increasing its user base is attributed to effective planning, promotion strategies, and marketing communication activities, enabling it to compete with other wholesale digital banking channels. Therefore, the author aims to investigate how BNIDirect's Service Promotion Strategy contributes to the Increase in User Numbers in 2023. This research adopts a constructivist paradigm with a qualitative descriptive method, employing data collection techniques such as in-depth interviews, supplemented with secondary data from social media content analysis and literature review. The validity of the data in this study is ensured through triangulation of sources and documentation methods. The research focuses on understanding the promotion strategies employed by BNIDirect and their impact on increasing user numbers in 2023. The author found that the surge in BNIDirect users is due to its ability to meet the needs of B2B customers with various transactional feature advantages, coupled with extensive marketing communication activities through the application of marketing mix (POMCE, STP, IMC, Promotion, SWOT, and diffusion of innovation theory in service or product adoption) to increase customer awareness.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44320110056
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pemasaran, Integrated Marketing Communication (IMC), Strategi Promosi, Perilaku Konsumen, dan Minat Pengguna Layanan Perbankan. Marketing Communication, Integrated Marketing Communication (IMC), Promotion Strategies, Consumer Behavior, and Banking Service User Interest.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: WIDYA AYU PUSPITA NINGRUM
Date Deposited: 20 Mar 2024 03:16
Last Modified: 20 Mar 2024 03:16
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/87300

Actions (login required)

View Item View Item