ANALISA KINERJA RUAS JALAN TERHADAP ANTRIAN DAN TUNDAAN DI PERLINTASAN JALAN REL KERETA API (Studi Kasus: Jalan Baru Kompas, Tambun, Kabupaten Bekasi)

ALAMSYAH, ILYAS NUR (2024) ANALISA KINERJA RUAS JALAN TERHADAP ANTRIAN DAN TUNDAAN DI PERLINTASAN JALAN REL KERETA API (Studi Kasus: Jalan Baru Kompas, Tambun, Kabupaten Bekasi). S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Buncit.

[img]
Preview
Text (COVER)
41118310120 - Ilyas Nur Alamsyah - 02 Cover.pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
41118310120 - Ilyas Nur Alamsyah - 03 Abstrak.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
41118310120 - Ilyas Nur Alamsyah - 04 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text (BAB 2)
41118310120 - Ilyas Nur Alamsyah - 05 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB)
[img] Text (BAB 3)
41118310120 - Ilyas Nur Alamsyah - 06 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img] Text (BAB 4)
41118310120 - Ilyas Nur Alamsyah - 07 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (967kB)
[img] Text (BAB 5)
41118310120 - Ilyas Nur Alamsyah - 08 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
41118310120 - Ilyas Nur Alamsyah - 09 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
41118310120 - Ilyas Nur Alamsyah - 10 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (837kB)
[img] Text (JURNAL)
41118310120 - Ilyas Nur Alamsyah - 11 Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)

Abstract

Kabupaten Bekasi memiliki populasi yang tinggi di Indonesia, Kecamatan Tambun Selatan menjadi salah satu daerah yang paling terdampak dan mengalami masalah kemacetan lalu lintas karena pertumbuhan sarana transportasi yang lebih cepat daripada prasarana dan juga volume kendaraan yang tinggi serta kapasitas ruas jalan yang kurang memadai. Penelitian ini berfokus pada analisis ruas jalan di Jalan Baru Kompas, Tambun, Kabupaten Bekasi. Tujuannya adalah mengidentifikasi dan menganalisis kinerja ruas jalan terhadap antrian dan tundaan sehingga dapat memperoleh solusi untuk mengatasi kemacetan pada jam sibuk. Metode shockwave digunakan untuk menganalisis panjang antrian dan waktu tundaan, serta metode greenshield untuk memodelkan hubungan antara volume, kecepatan, dan kepadatan lalu lintas, dengan mengacu pada MKJI 1997 sebagai pedoman kapasitas ruas jalan. Pada hari Senin, 22 Mei 2023, tingkat pelayanan jalan mencapai nilai tertinggi dengan DS = 1.42. Tingkat pelayanan ini berada pada kategori F. Hubungan matematis antara volume, kecepatan dan kepadatan dari model greenshield didapat nilai koefisien determinasi (R2 ) pada hari Sabtu, 27 Mei 2023 yang terbesar adalah R 2=0,939. Hasil perhitungan gelombang kejut didapat penutupan palang pintu kereta api terlama terjadi pada jam 07.16, dengan durasi penutupan selama 483 detik. Panjang antrian sebesar (Qm) 990,34 meter, dengan jumlah kendaraan yang mengalami antrian sebesar (N) 1229,76 smp dan tundaan yang terjadi sebessar (T) 2633,21 detik serta waktu penormalan yang dibutuhkan hingga antrian dapat dipulihkan kembali sebesar (T4-T2) 1409,08 detik. Kata kunci: Kinerja Ruas Jalan, Karakteristik Lalu Lintas, Derajat Kejenuhan, Tingkat Pelayanan, Antrian, Tundaan, Gelombang Kejut, Greenshield.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41118310120
Uncontrolled Keywords: Kinerja Ruas Jalan, Karakteristik Lalu Lintas, Derajat Kejenuhan, Tingkat Pelayanan, Antrian, Tundaan, Gelombang Kejut, Greenshield.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Nasruddin Mansyur S.Hum
Date Deposited: 15 Mar 2024 07:47
Last Modified: 15 Mar 2024 07:47
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/87175

Actions (login required)

View Item View Item