FEBRIANSYAH, MOCHAMMAD HARI (2024) STRATEGI KOMUNIKASI UNIT PARTNERSHIP BINUS ONLINE PADA KEGIATAN WEBINAR BOLD SERIES MELALUI MEDIA SOSIAL. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.
|
Text (Cover)
55221120004-Moch. Hari Febriansyah-01 Cover - Moch. Hari Febriansyah.pdf Download (517kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
55221120004-Moch. Hari Febriansyah-02 Abstrak - Moch. Hari Febriansyah.pdf Download (181kB) | Preview |
|
Text (Bab 1)
55221120004-Moch. Hari Febriansyah-03 Bab 1 - Moch. Hari Febriansyah.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) |
||
Text (Bab 2)
55221120004-Moch. Hari Febriansyah-04 Bab 2 - Moch. Hari Febriansyah.pdf Restricted to Registered users only Download (401kB) |
||
Text (Bab 3)
55221120004-Moch. Hari Febriansyah-05 Bab 3 - Moch. Hari Febriansyah.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) |
||
Text (Bab 4)
55221120004-Moch. Hari Febriansyah-06 Bab 4 - Moch. Hari Febriansyah.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text (Bab 5)
55221120004-Moch. Hari Febriansyah-07 Bab 5 - Moch. Hari Febriansyah.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
||
Text (Daftar Pustaka)
55221120004-Moch. Hari Febriansyah-08 Daftar Pustaka - Moch. Hari Febriansyah.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) |
||
Text (Lampiran)
55221120004-Moch. Hari Febriansyah-09 Lampiran - Moch. Hari Febriansyah.pdf Restricted to Registered users only Download (852kB) |
||
Text (Lembar Keabsahan)
55221120004-Moch. Hari Febriansyah-10 Hasil Scan Formulir Pernyataan Keabsahan dan Persetujuan Publikasi Tugas Akhir - Moch. Hari Febriansyah.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
Abstract
Penelitian ini menganalisis strategi komunikasi unit Partnership pada kegiatan webinar BOLD Series di BINUS ONLINE melalui media sosial. Kegiatan webinar BOLD Series ini bertujuan sebagai sumber inspirasi dan motivasi bagi peserta yaitu mahasiswa yang mengikutinya, membantu mereka meraih tujuan akademik dan profesional dengan semangat yang lebih tinggi dan tantangan yang dihadapi kedepannya. Diskusi para ahli atau praktisi yang disajikan dalam acara ini mengundang para praktisi industri, akademisi ternama, atau praktisi berpengalaman untuk berbicara tentang topik-topik yang relevan. Diskusi ini memberikan wawasan mendalam dan pandangan beragam tentang perkembangan terbaru dalam bidang tersebut. Dalam kajian teori determinisme teknologi menekankan bahwa teknologi berperan penting sebagai medium dalam mencapai tujuan strategis, strategi komunikasi A Pull Positioning digunakan untuk menjangkau mahasiswa dan untuk meningkatkan publikasi informasi tentang acara webinar yang diselenggarakan dalam bentuk desain informasi poster dan e-flayer. Didistribusikan melalui media sosial yaitu Instagram, WhatsApp group, Web, LMS Mahasiwa. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada kegiatan webinar BOLD Series. Triangulasi sumber digunakan untuk memeriksa keabsahan data, menggabungkan hasil wawancara dan dokumen. Hasil penelitian diharapkan dapat memberi gambaran komprehensif tentang strategi komunikasi yang digunakan unit Partnership di BINUS ONLINE dalam kegiatan BOLD Series. Metode penelitian yang diterapkan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus, Metode studi kasus yang digunakan bertujuan untuk memperoleh diskripsi yang utuh dan mendalam dari sebuah entitas. Dalam penelitian ini difokuskan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi komunikasi yang digunakan unit Partnership BINUS ONLINE dalam mempublikasikan informasi kegiatan melalui media sosial yang ada, beserta proses produksi yang dijalankan pada kegiatan webinar BOLD Series. Subjek penelitian yaitu Karyawan pada unit Partnership BINUS ONLINE, dan data diperoleh melalui wawancara mendalam dan observasi langsung. Hasil penelitian memahami fenomena yang kompleks dan mendalam tentang bagaimana teori dan strategi diterapkan pada unit pasrtnership BINUS ONLINE dalam kegiatan BOLD Series di media sosial yang merupakan strategi penting yang dijalankan yaitu strategi A Pull Positioning dalam webinar BOLD Series. Teknologi berperan penting sebagai medium dalam mencapai tujuan strategis yaitu memberikan kemudahan dalam mempromosikan acara webinar, mengundang narasumber, serta menjangkau audience yang lebih luas melalui platform online. This research analyses the communication strategy of the Partnership unit in the BOLD Series webinar activity at BINUS ONLINE through social media. This BOLD Series webinar activity aims to be a source of inspiration and motivation for participants, namely students who take part, helping them achieve academic and professional goals with higher enthusiasm and challenges faced in the future. The discussion of experts or practitioners presented in this event invites industry practitioners, renowned academics, or experienced practitioners to speak on relevant topics. These discussions provide in-depth insights and diverse views on the latest developments in the field. The study of the theory of technological determinism emphasizes that technology plays an important role as a medium in achieving strategic goals, A Pull Positioning communication strategy is used to reach students and to increase the publication of information about webinar events held in the form of posters information design and e-flayer and distributed through social media, namely Instagram, WhatsApp group, Web, Student LMS. This research uses the constructivism paradigm and uses qualitative research methods with a case study approach in the BOLD Series webinar activities. Source triangulation is used to check the validity of data, and combine interview results and documents. The results of the study are expected to provide a comprehensive picture of the communication strategy used by the Partnership unit at BINUS ONLINE in the BOLD Series activities. The research method applied is qualitative descriptive with a case study approach, the case study method used aims to obtain a complete and in-depth description of an entity. This study focuses on describing the communication strategy used by the BINUS ONLINE Partnership unit in publishing activity information through existing social media, along with the production process carried out in the BOLD Series webinar activities. The research subjects were employees of the BINUS ONLINE Partnership unit, and data were obtained through in-depth interviews and direct observation. The results of the study understand the complex and in-depth phenomenon of how theories and strategies are applied to the BINUS ONLINE partnership unit in the BOLD Series activities on social media which is an important strategy carried out, namely the A Pull Positioning strategy in the BOLD Series webinar. Technology plays an important role as a medium in achieving strategic goals, namely providing convenience in promoting webinar events, inviting speakers, and reaching a wider audience through online platforms.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 55221120004 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi, A Pull Positioning Strategy, Teori Determinisme Teknologi. Communication Strategy, A Pull Positioning Strategy, Theory of Technological Determinism. |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | ANISA DESI SAFITRI |
Date Deposited: | 13 Mar 2024 04:19 |
Last Modified: | 13 Mar 2024 04:19 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/87048 |
Actions (login required)
View Item |