GASING RAGAWI (Gasing Dengan Motif Ragam Hias Betawi)

BUHORI, BUHORI (2017) GASING RAGAWI (Gasing Dengan Motif Ragam Hias Betawi). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
Hal Cover.pdf

Download (921kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (166kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text (BAB III)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN)
Hal Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB)

Abstract

Pada masa teknologi yang semakin berkembang seperti sekarang ini semua orang kerap terlihat menggunakan gadget bahkan anak-anak balita juga sudah disibukkan dengan gadgetnya masing-masing, baik konsol permainan, telepon genggam maupun tablet. Tingkat interaksi sosial menurun dan permainan gasing mulai tertinggal. Mainan dengan kontak fisik secara langsung seperti gasing mulai dilupakan karena dianggap kuno. Mengangkat permainan gasing dengan inovasi atau perubahan cara bermain dinilai dapat membangkitkan kembali semangat interaksi sosial dengan media permainan. Permainan gasing Ragawi dengan kebaruan bentuk dan aturan, dengan target usia mulai dari anak-anak hingga dewasa membuat suasana yang hangat dengan bermain bersama meski terpaut usia yang jauh. Material yang digunakan menggunakan kayu yang mudah didapat dan diproduksi, warna-warna cerah menjadikan produk permainan ini menarik untuk dimainkan dimana saja. Gasing Ragawi merupakan permainan gasing yang dirancang memiliki bentuk dan cara bermain yang bisa membuat si pemain merasa gembira dan sekaligus bisa melestarikan budaya Betawi.. Permainan gasing Ragawi ini merupakan media untuk interaksi sosial yang menyenangkan, disamping itu permainan ini mampu melatih pola pikir pemain, melatih konsentrasi, strategi, serta kesabaran pemain.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FDSK/DP. 17 066
NIM/NIDN Creators: 41912120041
Uncontrolled Keywords: mainan, gadget, ragawi
Subjects: 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 700. Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian
Divisions: Fakultas Desain dan Seni Kreatif > Desain Produk
Depositing User: SHAFAUSSARIRAH
Date Deposited: 09 Mar 2024 09:28
Last Modified: 09 Mar 2024 09:28
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/87012

Actions (login required)

View Item View Item