MAINAN BONGKAR PASANG DARI PEMANFAATAN LIMBAH SPARE PART MOTOR

ASOTI, AFRIDA AYU (2017) MAINAN BONGKAR PASANG DARI PEMANFAATAN LIMBAH SPARE PART MOTOR. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
Hal Cover.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstak.pdf

Download (234kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (829kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[img] Text (BAB VI)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN)
Daftar Pustaka & Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB)

Abstract

Dari bengkel sepeda motor menghasilkan banyak limbah berupa sparepar. BiasaNya dijual dengan harga yang murah. Ilmu desain memiliki manfaat untuk memberikan nilai tambah (adding value) pada benda tersebut baik secara Fungsi, Estetika dan Sistem. Maupun secara ekonomi limbah dari bengkel biasanya berupa berbagai jenis sparepart. Pengolahan limbah menjadi bahan baku mengurangi dengan konsep (Re-use dan Recycle) dapat mengurangi Reduce. Konsumsi sumber daya alam, secara fungsi limbah tersebut dapat diolah menjadi fungsi baru (mainan). Secara estetika limbah tersebut harus menghilangkan sifat aslinya namun tetap meninggalkan jejak bahwa benda yang di desain adalah hasil dari pemanfaatan limbah. Secara system limbah sparepart tersebut dapat di padu padankan dengan limbah sparepart lainnya atau dengan material baru dengan jumlah yang lebih sedikit. Ketiga hal tersebut pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan nilai benda secara ekonomis. Benda yang di desain (mainan) ini dapat menjadi mainan yang dimainkan (bongkar pasang) atau mejadi mainan figurative. Tuntutan dari mainan tersebut membuka kemungkinan untuk mengkombinasikan limbah sparepart dengan limbah sparepart lainnya ataupun dengan material baru, sedangkan secara bentuk digunakan prinsip stilasi (penyederhanaan bentuk) karena bentuk yang sama persis tidak dapat dicapai, namun hal ini justru membuat peluang untuk menghasilkan bentuk baru yang iconic. Namun ada hal yang belum di eksplorasi yaitu tentang bagaimana setiap elemen dari satu jenis mainan dapat juga berinteraksi dengan jenis mainan lainnya.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FDSK/DP. 17 065
NIM/NIDN Creators: 41913110026
Uncontrolled Keywords: PEMANFAATAN LIMBAH
Subjects: 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 770 Photography and Photographs/Seni Fotografi dan Foto > 771 Techniques and Procedures/Teknik Seni Fotografi dan Foto, Prosedur Seni Fotografi dan Foto > 771.4 Darkroom and Studio Practice/Proses Pencucian dan Pencetakan Foto di Studio dan Kamar Gelap > 771.47 Waste Technology/Limbah
Divisions: Fakultas Desain dan Seni Kreatif > Desain Produk
Depositing User: SHAFAUSSARIRAH
Date Deposited: 09 Mar 2024 09:21
Last Modified: 09 Mar 2024 09:21
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/87011

Actions (login required)

View Item View Item