PERANCANGAN BUKU ANAK TENTANG SUKU DI PULAU-PULAU TERBESAR INDONESIA DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY

RAHMA, ANGGI ALMIRA (2017) PERANCANGAN BUKU ANAK TENTANG SUKU DI PULAU-PULAU TERBESAR INDONESIA DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. HAL COVER.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (274kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (812kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB)
[img] Text (BAB VI)
8. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN)
9. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (762kB)

Abstract

Kebudayaan daerah merupakan hal yang perlahan-lahan ditinggalkan oleh generasi muda Indonesia saat ini. Kebudayaan daerah seringkali dianggap sebagai sesuatu yang kuno atau tidak modern, sehingga generasi muda, khususnya anak-anak, enggan belajar atau mengembangkan budaya daerah itu sendiri. Maka dari itu perlu adanya inovasi dalam pengembangan media pembelajaran anak tentang kebudayaan daerah. Salah satu inovasi yang dapat memotivasi anak dalam belajar tentang kebudayaan daerah adalah penggabungan media cetak dengan multimedia berupa teknologi Augmented Reality. Augmented Reality adalah teknologi yang dapat mewujudkan objek maya ke dalam realita secara nyata (raltime). Pengembangan Augmented Reality saat ini banyak digunakan sebagai media promosi atau iklan produk, sedangkan penggunaannya untuk media pembelajaran masih terbatas. Namun hal tersebut dapat menjadi inovasi yang menarik bagi anak-anak untuk belajar, terutama belajar tentang kebudayaan daerah. Penggunaan Augmented Reality sebagai pendukung media pembelajaran untuk buku-buku tentang kebudayaan daerah diharapkan dapat meningkatkan minat dan motivasi anak dalam belajar tentang kebudayaan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FDSK/DP. 17 060
NIM/NIDN Creators: 41915010001
Uncontrolled Keywords: Kebudayaan Indonesia, Media Pembelajaran, Augmented Reality, Multimedia
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 002 The Book/Buku
Divisions: Fakultas Desain dan Seni Kreatif > Desain Produk
Depositing User: SHAFAUSSARIRAH
Date Deposited: 09 Mar 2024 08:48
Last Modified: 09 Mar 2024 08:48
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/87006

Actions (login required)

View Item View Item