ANDJANI, DINDA (2017) OPTIMASI JUMLAH SERVICE ENGINEER PADA SISTEM ANTRIAN SERVICE MESIN TURBOCHARGER DENGAN MODEL MULTI CHANNEL SINGLE PHASE (Business Unit Turbocharging Divisi Industrial Automation PT. ABB Sakti Industri Jakarta). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
Hal Cover.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (235kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) |
||
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (494kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (461kB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (658kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah rata-rata kedatangan dan rata-rata pelayanan mesin turbocharger yang dating serta untuk mengevaluasi kinerja pelayanan mesin turbocharger dalam rangka meminimalisasi proses antrian untuk meningkatkan kecepatan pelayanan pada PT ABB Sakti Industri – IA Turbocharger dengan pendekatan queuing theory. Memberikan usulan perbaikan system antrian pada perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah mesin turbocharger yang dating dan masuk kedalam system antrian pada PT ABB Sakti Industri – IA Turbocharger dan pelayanan yang diberikan oleh service engineer. Sampel dalam penelitian ini adalah semua mesin yang dating masuk atau mengantri didalam system antrian pada periode penelitian selama 7 minggu dengan data rata-rata kedatangan mesin turbocharger 35 unit per minggu. Data yang digunakan untuk analisis system antrian ini adalah dataprimer yaitu berupa waktu kedatangan mesin turbocharger dan waktu pelayanan service engineer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah secara observasi. Metode analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Queuing Theory. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola kedatangan mesin turbocharger mengikuti pola distribusi poisson. Pola pelayanan mesin turbocharger mengikuti distribusi exponential. Dari perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan tambahan 2 orang service engineer mendapatkan waktu yang sesuai dengan SOP perusahaan dan harapan customer dengan memperkecil waktu tunggu atau waktu pelayanan yang diberikan service engineer.This research aims to find out the average of turbo charger machine's arrival and service and to evaluate the service performance to minimize queue process to increase the service activities at PT ABB Sakti Industri – IA Turbocharging 1 by queuing theory's approach. Giving advice for queuing system for the company. The population in this research is the arrive turbocharger machine and get into queuing system at PT ABB Sakti Industri – IA Turbocharging and the service given by service engineer. The sample are all machines in 7 weeks period by arrival average 35 units per week. The data used to be analyzed in this research of the queuing system is primary data, that is arrival time of turbocharger and service time by service engineer. The data collecting used is observation. The data method analysis is completed by queuing theory test. The research result shows that arrival pattern of turbocharger is in compliance of poisson distribution pattern. Turbocharger machine's service pattern follows the exponential distribution. Based on the calculation of adding 2 service engineer's officers, it gets the time appropriate with the company's standard operational procedure and customer's expectation by decreasing delay time or time given by service engineer
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FE/MJ. 17 424 |
NIM/NIDN Creators: | 43113110444 |
Uncontrolled Keywords: | antrian, kedatangan, pelayanan, mesin turbocharger, PT ABB Sakti Industri |
Subjects: | 200 Religion/Agama > 260 Christian Social Theology/Teologi Sosial Kristen > 268 Religious Education/Pendidikan Agama Kristen, Pengajaran Agama Kristen > 268.7 Services/Pelayanan 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | NAJLA |
Date Deposited: | 07 Mar 2024 02:01 |
Last Modified: | 07 Mar 2024 02:01 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/86884 |
Actions (login required)
View Item |