PENINGKATAN SASARAN MUTU DAN PROSES MONITORING DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PDCA GUNA MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN UNIT REKAM MEDIS DI RUMAH SAKIT XYZ TANGERANG SELATAN

PRASTYO, ZULKARNAIN (2017) PENINGKATAN SASARAN MUTU DAN PROSES MONITORING DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PDCA GUNA MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN UNIT REKAM MEDIS DI RUMAH SAKIT XYZ TANGERANG SELATAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
COVER.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
TA - BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text (BAB II)
TA - BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Text (BAB III)
TA - BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img] Text (BAB IV)
TA - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
TA - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB)
[img] Text (BAB VI)
TA - BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN)
TA - DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB)

Abstract

Persaingan industri kesehatan semakin meningkat, dimana pada tahun 2012 terdapat lebih dari 2.000 rumah sakit di indonesia. Rumah Sakit XYZ adalah salah satu perusahaan multinasional industri kesehatan diharapkan dapat memenangkan persaingan melalui peningkatan kualitas jasa. Peningkatan sasaran mutu dan proses monitoring pada Rumah Sakit XYZ khususnya unit rekam medis diharapkan dapat mengefektifkan pencapaian target pada sasaran mutu dan proses monitoring sehingga dapat meningkatkan mutu pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan sasaran mutu dan proses monitoring dengan menggunakan PDCA guna meningkatkan mutu pelayanan unit rekam medis di rumah sakit XYZ. Penelitian ini dilakukan melalui: (1) Tahap Plan: (a) menentukan tema permasalahan, (b) menetapkan target, (c) menganalisis sebab-sebab yang mengakibatkan masalah, (d) menentukan sebab-sebab yang paling dominan, (2) Tahap Do melaksanakan rencana perbaikan, (3) Tahap Check memeriksa kegiatan perbaikan/usulan, (4) Tahap Action mengambil tindakan terhadap hasil-hasil dari tahap check. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka diperoleh hasil: (1): (a) Pencapaian target tidak tercapai pada sasaran mutu sebesar 88% dalam 3 bulan dan proses monitoring sebesar 94% di bulan maret 2017, (b) Target sasaran mutu dan proses monitoring ditetapkan 95% agar meningkat, (c) X1 (Subjective) menjadi frekuensi tertinggi pada sasaran mutu dan X1(Koding BRM OPD Pagi) menjadi frekuensi tertinggi pada proses monitoring, (d) ketidaklengkapan X1 sebesar 41% pada sasaran mutu dan ketidaktercapaian X1 sebesar 44% pada proses monitoring, (2) Pendekatan Kaizen, 5W+1H pada sasaran mutu dan proses monitoring,(3) Evaluasi dengan diagram fishbone (cause and effect) dengan hasil faktor penyebab sasaran mutu tidak tercapai: faktor manusia, faktor metode dan faktor mesin dan faktor penyebab proses monitoring tidak tercapai: faktor manusia, faktor metode, faktor mesin dan faktor lingkungan, (4) Usulan penerapan/impelementasi pada sasaran mutu dan proses monitoring

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/IND. 17 080
NIM/NIDN Creators: 41613110093
Uncontrolled Keywords: mutu pelayanan, PDCA, sasaran mutu dan proses monitoring
Subjects: 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 750 Painting and Paintings/Seni Lukis dan Lukisan > 758 Other Subjects/Subjel Lainnya > 758.6 Industrial and Technical Subjects/Subjek Industri dan Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: SHAFAUSSARIRAH
Date Deposited: 06 Mar 2024 04:50
Last Modified: 06 Mar 2024 04:50
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/86848

Actions (login required)

View Item View Item