PERBAIKAN TATA LETAK WAREHOUSE FINISH GOOD DENGAN METODE SYSTEMATIC LAYOUT PLANNING (Studi Kasus : PT.SURYA TOTO INDONESIA.Tbk)

MARYANTO, AGUS (2017) PERBAIKAN TATA LETAK WAREHOUSE FINISH GOOD DENGAN METODE SYSTEMATIC LAYOUT PLANNING (Studi Kasus : PT.SURYA TOTO INDONESIA.Tbk). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVERII)
COVER .pdf

Download (258kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I .pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (907kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text (BAB VI)
BAB VI .pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)

Abstract

Perencanaan tata letak merupakan salah satu upaya untuk mengorganisir berbagai peralatan produksi agar mampu memberikan efisiensi dari segi tata letak. Tujuan perencanaan tata letak yakni menambah kapasitas proses produksi dengan cara yang paling ekonomis melalui pengaturan dan koordinasi yang efektif dari fasilitas fisik. Permasalahan tata letak yang terjadi di PT Surya Toto Indonesia.Tbk adalah kurang tertatanya barang jadi yang ada digudang finish good, yang disebabkan karena beberapa permasalahan yaitu desain tata letak yang tidak menggunakan raking, aktivitas perpindahan serta aliran material yang tidak teratur, serta proses material handling yang salah, sehingga proses produksi menjadi terhambat karena aktivitas gudang tidak berjalan dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan usulan layout tata letak gudang dengan cara menggunakan system raking agar proses produksi yang terjadi dapat lebih efektif dan efisien. Dari penelitian ini, dapat direkomendasikan pula jenis alat angkut yang sesuai dengan keadaan area gudang. Langkah-langkah perancangan ulang tata letak gudang finish good dengan menggunakan metode systematic layout planning (SLP), dimulai dengan membuat Operation Process Chart (OPC),Activity Releationship Chart (ARC), dan Area Releationship Diagram (ARD). Hasil akhir penelitian ini adalah Activity Releationship Chart (ARC), dan Worksheet. layout gudang finish Good beserta peta aliran material berdasarkan layout usulan tersebut. Dengan layout usulan, dapat disimpulkan terjadi peningkatan efisiensi aliran material, dan menurunkan ongkos material handling yang awalnya setiap minggu dengan layout awal yang tidak menggunakan raking sebesar Rp.173.425.588 dan untuk layout usulan dengan menggunakan raking sebesar Rp.167.171.050,untuk itu perusahaan akan menghemat sebesar Rp.6.254.538 disetiap minggunya.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/IND. 17 079
NIM/NIDN Creators: 41613110031
Additional Information: Tidak ada file abstrak
Uncontrolled Keywords: TATA LETAK WAREHOUSE, SYSTEMATIC LAYOUT PLANNING
Subjects: 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 750 Painting and Paintings/Seni Lukis dan Lukisan > 758 Other Subjects/Subjel Lainnya > 758.6 Industrial and Technical Subjects/Subjek Industri dan Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: SHAFAUSSARIRAH
Date Deposited: 06 Mar 2024 04:34
Last Modified: 06 Mar 2024 04:36
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/86845

Actions (login required)

View Item View Item