PENGARUH BLACKPINK SEBAGAI BRAND AMBASSADOR OREO TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Survey pada Followers Instagram @oreo_indonesia)

NURHANIFA, RATU TRIA (2024) PENGARUH BLACKPINK SEBAGAI BRAND AMBASSADOR OREO TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Survey pada Followers Instagram @oreo_indonesia). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (456kB)
[img] Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (83kB)
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB)

Abstract

A brand ambassador is one of the artists chosen by the company to represent the company's products. The use of brand ambassadors is considered effective because it can increase consumer buying interest in a product. Therefore, researchers are interested in examining whether there is an influence of using Blackpink as an Oreo brand ambassador on consumer purchasing interest. This research aims to measure and explain the influence of Blackpink as the Oreo brand ambassador on consumers' purchasing interest in Oreo X Blackpink. The research method used is quantitative research with a variant of the survey method on followers on Instagram @oreo_indonesia. From a population of 99,000 Oreo Instagram followers, a sample of 100 people was taken. The sample was determined using a non-probability sampling technique, namely purposive sampling (consideration sample) using the Yamane formula. The instrument used was a questionnaire. The data analysis techniques used are correlation coefficient analysis, coefficient of determination analysis, and simple linear regression analysis. To test the hypothesis, use the t-test and f-test. The research results showed that there is a significant influence between Blackpink as the Oreo Brand Ambassador of 20% on Consumer Purchase Interest, while the other 80% is influenced by other factors. Keywords: Brand Ambassador, Purchase Interest, Influence, Quantitative Brand ambassador merupakan salah satu artis yang dipilih oleh pihak perusahaan untuk dapat mewakili produk dari perusahaann tersebut. Penggunaan brand ambassador dianggap efektif karena dapat meningkatkan minat beli konsumen terhadap suatu produk. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti apakah ada pengaruh dari penggunaan Blackpink sebagai brand ambassador Oreo terhadap minat beli konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur dan menjelaskan pengaruh dari Blackpink sebagai brand ambassador Oreo terhadap minat beli konsumen Oreo X Blackpink. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan varian metode survey pada followers di Instagram @oreo_indonesia. Dari populasi sebanyak 99.000 orang dari followers Instagram Oreo, diambil sampel 100 orang. Penentuan sampel menggunakan teknik sampling non-probability, yaitu purposive sampling (sampel pertimbangan) menggunakan rumus Yamane. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi dan analisis regresi linear sederhana. Untuk uji hipotesis, menggunakan uji t dan uji f. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Blackpink sebagai Brand Ambassador Oreo yaitu sebesar 20% terhadap Minat Beli Konsumen, sedangkan 80% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: Brand Ambassador, Minat Beli, Pengaruh, Kuantitatif

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 24 015
Call Number: SK/43/24/008
NIM/NIDN Creators: 44320010091
Uncontrolled Keywords: Brand Ambassador, Minat Beli, Pengaruh, Kuantitatif
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 26 Feb 2024 08:49
Last Modified: 26 Feb 2024 08:49
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/86550

Actions (login required)

View Item View Item