ANALISIS MINAT PEMBELIAN JASA DI PERUSAHAAN TERRALOGIQ INTEGRASI SOLUSI DENGAN ALGORITMA K-MEANS

SARI, AMELIA (2024) ANALISIS MINAT PEMBELIAN JASA DI PERUSAHAAN TERRALOGIQ INTEGRASI SOLUSI DENGAN ALGORITMA K-MEANS. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (526kB)
[img] Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf

Download (130kB)
[img] Text (BAB I)
03 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text (BAB II)
04 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Text (BAB III)
05 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text (BAB IV)
06 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] Text (BAB V)
07 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

This research aims to determine the significance of long-standing partners in ensuring their continued subscription to Terralogiq Integration Solutions. The study employs the K-Means clustering algorithm using the Python programming language to determine clustering results, resulting in three clusters. The first cluster identifies the highest or very interested subscribers, the second cluster represents moderately interested subscribers, and the third cluster indicates the least interested or low-engagement subscribers. The objective of this research is to understand the growth and the number of companies purchasing Google Maps services from Terralogiq Integration Solutions. The research aims to identify opportunities for partner companies to buy services from Terralogiq Integration Solutions in the future. The methodology involves analyzing company data, setting research goals, collecting necessary data, performing data analysis, and interpreting the results. The study concludes that the K-Means algorithm exhibits superior quality in forming clusters. The findings of this research are expected to provide insights into selecting the most appropriate algorithm for sales data processing. Additionally, the clustered data results can be utilized to determine sales strategies, and companies can gain an understanding of the level of interest in purchasing services. Keywords: K-means, Clustering, Python, Data Mining Agar perusahaan mengetahui seberapa pentingnya mitra yang sudah berlangganan cukup lama agar mitra tersebut tetap berlangganan di perusahaan Terralogiq Integrasi Solusi dimasa yang akan datang Penelitian ini akan menggunakan algoritma data mining yaitu K-Means clustering yang akan menggunakan bahasa perograman python untuk menentukan hasil dari clustering yang hasilnya akan berupa adanya 3 tingkatan cluster, yaitu cluster pertama untuk menentukan jumlah peminat terbanyak atau sangat minat, cluster kedua untuk menentukan jumlah peminat sedang atau minat dan cluster ketiga untuk menentukan jumlah peminat paling sedikit atau kurang minat. Tujuan dari penelitian ini yaitu Untuk mengetahui pertumbuhan dan banyaknya perusahaan yang membeli jasa google maps di perusahaan Terralogiq Integrasi Solusi dengan mengetahui peluang perusahaan mitra membeli jasa di perusahaan Terralgic Integrasi Solusi di masa yang akan datang. Tahapan yang dilakukan yaitu dengan menganalisa data diperusahaan, menentukan tujuan, lalu dilanjut dengan mengumpulkan data yang diperlukan, setelah data didapat makan analisa data bisa dilakukan lalu hasil akan didapatkan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Algoritma K-Means mempunyai kualitas yang lebih baik dalam membentuk cluster. Penelitian ini diharapkan dapat membuat pertimbangan algoritma mana yang paling tepat diterapkan dalam pengolahan data penjualan dan hasil pengolahan data clustering dapat dimanfaatkan untuk menentukan strategi penjualan dan perusahaan menjadi mengetahui tingkat peminat pebelian jasa. Kata Kunci : K-means, Clustering, Python, Data Mining

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FIK/INFO. 24 048
Call Number: SIK/15/24/041
NIM/NIDN Creators: 41520010122
Uncontrolled Keywords: K-means, Clustering, Python, Data Mining
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 154 Subconscious and Altered States and Process/Psikologi Bawah Sadar > 154.6 Sleep Phenomena/Fenomena Tidur > 154.63 Dreams/Mimpi > 154.634 Analysis/Analisis
500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika > 518 Numerical Analysis/Analisis Numerik, Analisa Numerik > 518.1 Algorithms/Algoritma
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.9 Accounting for Specific Kinds of Organizations/Akuntansi untuk Jenis Organisasi Tertentu > 657.95 Corporations/Perusahaan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data] > 658.02 Management of Enterprises of Specific Sizes and Scopes/Pengelolaan Usaha dengan Ukuran dan Lingkup Tertentu
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data] > 658.04 Management of Enterprises of Specific Forms/Pengelolaan Usaha dengan Bentuk Tertentu > 658.044 Unincorporated Business Enterprises/Badan Usaha Bukan Usaha
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 23 Feb 2024 06:56
Last Modified: 23 Feb 2024 06:56
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/86474

Actions (login required)

View Item View Item