URBAN TOYS DARI PENGGABUNGAN KARAKTER BIMA PANDAWA 5 DENGAN URBAN CULTURE

AJI, BAYU KRISNA (2024) URBAN TOYS DARI PENGGABUNGAN KARAKTER BIMA PANDAWA 5 DENGAN URBAN CULTURE. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (438kB)
[img] Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (146kB)
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB VI)
08 BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)

Abstract

This design aims to reintroduce the character Bima from Pandawa 5 as a traditional character. The introduction of the character in this design uses a media that is more acceptable to all levels of society, from small children to adults. The media used is a toy. The method used in this design is to combine a traditional culture/character with a modern urban culture to produce a product that can re-popularize traditional characters but can be accepted by people in urban areas who of course have a very different culture. The analysis results of this design show that an urban toy has a function other than as a medium of entertainment for children. An urban toy can be used as a medium to spread a message or to re-popularize a culture. In this design, urban toys are used as a medium to re-popularize the Bima Pandawa 5 characters, which are slowly starting to lose their popularity. Keywords: Urban Toys, Bima Pandawa 5, Urban Culture, Traditional, Modern Perancangan ini memiliki tujuan untuk mengenalkan kembali Karakter Bima dari Pandawa 5 sebagai sebuah karakter tradisional, Pengenalan karakter pada perancangan ini menggunakan sebuah media yang lebih bisa diterima oleh semua kalangan masyarakat, mulai anak kecil hingga orang dewasa, Media yang digunakan yakni adalah sebuah mainan. Metode yang digunakan dalam perancangan ini adalah menggabungkan sebuah kebudayaan/karakter tradisional dengan sebuah budaya modern perkotaan untuk menghasilkan sebuah produk yang bisa mempopulerkan kembali karakter tradisional namun bisa diterima oleh masyarakat di perkotaan yang tentunya memiliki culture yang sangat berbeda Hasil Analisa dari perancangan ini menunjukan bahwa sebuah mainan/urban toys memiliki sebuah fungsi lain selain sebagai media hiburan bagi anak anak, Sebuah Urban toys dapat dijadikan sebagai media penyebaran sebuah pesan ataupun untuk mempopulerkan kembali sebuah budaya. Dalam perancangan ini urban toys dijadikan sebuah media untuk mempopulerkan kembali karakter Bima Pandawa 5 yang perlahan sudah mulai kehilangan pamornya. Kata Kunci: Urban Toys, Bima Pandawa 5, Urban Culture, Tradisional, Modern.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FDSK/DP. 24 010
Call Number: SDSK/19/24/009
NIM/NIDN Creators: 41918010018
Uncontrolled Keywords: Urban Toys, Bima Pandawa 5, Urban Culture, Tradisional, Modern.
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 155 Differential and Developmental Psychology/Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan > 155.9 Environmental Psychology/Psikologi Lingkungan > 155.94 Influence of Community and Housing/Pengaruh Komunitas dan Perumahan > 155.942 Urban Communities/Komunitas Perkotaan
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 306 Culture and Institutions/Kultur, Ilmu Budaya, Kebudayaan dan Lembaga-lembaga, Institusi
600 Technology/Teknologi > 680 Manufacture For Specific Uses/Industri Pembuatan produk untuk penggunaan tertentu > 680.1-680.9 Standard Subdivisions of Manufacture For Specific Uses/Subdivisi Standar Dari Industri Pembuatan Produk Untuk Penggunaan Tertentu
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 720 Architecture/Arsitektur > 726 Buildings for Religious Architecture/Arsitektur Bangunan Keagamaan > 726.5 Church Architecture/Arsitektur Gereja > 726.51 Design, Decoration, Construction of Structural Elements/Desain, Dekorasi, Struktur
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar > 741.6 Graphic Design, Illustration Drawings/Teknik Menggambar Desain Grafis, Teknik Menggambar Ilustrasi
Divisions: Fakultas Desain dan Seni Kreatif > Desain Produk
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 21 Feb 2024 01:42
Last Modified: 24 Feb 2024 00:49
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/86320

Actions (login required)

View Item View Item