PENGARUH KOMPETENSI DAN KUALITAS SDM TERHADAP KINERJA ORGANISASI MELALUI MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS: BANK INDONESIA)

RUSIANTO, BENY (2024) PENGARUH KOMPETENSI DAN KUALITAS SDM TERHADAP KINERJA ORGANISASI MELALUI MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS: BANK INDONESIA). S2 thesis, Universitas Mercu Buana - Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
55121120100-Beny Rusianto-01 Cover - Beny Rusianto.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
55121120100-Beny Rusianto-02 Abstrak - Beny Rusianto.pdf

Download (895kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
55121120100-Beny Rusianto-03 Bab 1 - Beny Rusianto.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text (Bab 2)
55121120100-Beny Rusianto-04 Bab 2 - Beny Rusianto.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text (Bab 3)
55121120100-Beny Rusianto-05 Bab 3 - Beny Rusianto.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text (Bab 4)
55121120100-Beny Rusianto-06 Bab 4 - Beny Rusianto.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[img] Text (Bab 5)
55121120100-Beny Rusianto-07 Bab 5 - Beny Rusianto.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
55121120100-Beny Rusianto-08 Daftar Pustaka - Beny Rusianto.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text (Lampiran)
55121120100-Beny Rusianto-09 Lampiran - Beny Rusianto.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (Formulir keabsahan dan publikasi TA)
55121120100-Beny Rusianto-11 Hasil Scan Formulir Pernyataan Keabsahan dan Persetujuan Publikasi Tugas Akhir - Beny Rusianto.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (681kB)

Abstract

This research focused on the critical role of Bank Indonesia's performance in the economic development of Indonesia. The study aimed to evaluate the influence of competence, human resource (HR) quality, and motivation on the organizational performance of Bank Indonesia. It also investigated the impact of competence and HR quality on motivation, and their influence on organizational performance through motivation as a moderating variable. The research was conducted from March to September 2023 at Bank Indonesia. The data analysis technique utilized was Partial Least Square analysis, using the SmartPLS program. The findings revealed that there was no significant relationship between competence and organizational performance at Bank Indonesia. However, HR quality was found to have a significant positive impact on organizational performance. The results did not show a strong enough relationship between competence and motivation at Bank Indonesia. In contrast, HR quality demonstrated a very strong positive influence on motivation. Motivation was also observed to have a strong positive effect on organizational performance. The study concluded that there was no measurable significant influence of competence on organizational performance through motivation in the sample from Bank Indonesia. On the other hand, a significant measurable influence was found between HR quality and organizational performance through motivation within this sample at Bank Indonesia. This research highlights the importance of HR quality and motivation in enhancing organizational performance, suggesting a need for focus in these areas for future development and strategic planning within Bank Indonesia. Kinerja Bank Indonesia menjadi krusial untuk pembangunan perekonomian di Indonesia. Kondisi Inflasi baik target dan aktual dan beberapa indikator lainnya menjadi salah satu ukuran capaian kinerja Bank Indonesia. Bank indonesia sebagai lembaga yang besar didukung oleh SDM yang harus memiliki kompetensi, kualitas, serta motivasi untuk tujuan organisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi, kualitas SDM, dan motivasi terhadap Kinerja Organisasi di Bank Indonesia. Untuk mengetahui pengaruh kompetensi dan kualitas SDM terhadap motivasi. Serta untuk mengetahui pengaruh kompetensi dan kualitas SDM terhadap kinerja organisasi di Bank Indonesia melalui motivasi sebagai variabel moderasi. Penelitian ini dilakukan pada periode maret sampai dengan september 2023 di Bank Indonesia. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis Partial Least Square mengunakan Program SmartPLS. Hasil penelitian menemukan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara Kompetensi dan Kinerja Organisasi di Bank Indonesia. Kualitas SDM memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap Kinerja Organisasi di Bank Indonesia. Tidak ada bukti yang cukup kuat untuk menyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Kompetensi dan Motivasi di Bank Indonesia. Kualitas SDM memiliki pengaruh positif yang sangat kuat terhadap Motivasi di Bank Indonesia. Motivasi memiliki pengaruh positif yang kuat terhadap Kinerja Organisasi di Bank Indonesia. Tidak ada pengaruh signifikan yang dapat diukur antara Kompetensi dan Kinerja Organisasi melalui Motivasi dalam sampel ini di Bank Indonesia. Serta terdapat pengaruh signifikan yang dapat diukur antara Kualitas SDM dan Kinerja Organisasi melalui Motivasi dalam sampel ini di Bank Indonesia.

Item Type: Thesis (S2)
NIM/NIDN Creators: 55121120100
Uncontrolled Keywords: competency, human resource quality, motivation, organizational kompetensi, kualitas SDM, motivasi, Kinerja Organisasi kompetensi, kualitas SDM, motivasi, Kinerja Organisasi performance.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: WIDYA AYU PUSPITA NINGRUM
Date Deposited: 16 Feb 2024 07:01
Last Modified: 16 Feb 2024 07:01
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/86131

Actions (login required)

View Item View Item