ANALISIS PENGARUH U-TURN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN DANKARAKTERISTIK ARUS LALU LINTAS DI RUAS JALAN TRANSYOGI MENGGUNAKAN PKJI-2023

GHUFRONIANDI, ILHAM (2024) ANALISIS PENGARUH U-TURN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN DANKARAKTERISTIK ARUS LALU LINTAS DI RUAS JALAN TRANSYOGI MENGGUNAKAN PKJI-2023. S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Buncit.

[img]
Preview
Text (COVER)
41119210008 - ILHAM GHUFRONIANDI - 02 Cover.pdf

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
41119210008 - ILHAM GHUFRONIANDI - 03 Abstrak.pdf

Download (277kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
41119210008 - ILHAM GHUFRONIANDI - 04 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text (BAB 2)
41119210008 - ILHAM GHUFRONIANDI - 05 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (950kB)
[img] Text (BAB 3)
41119210008 - ILHAM GHUFRONIANDI - 06 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[img] Text (BAB 4)
41119210008 - ILHAM GHUFRONIANDI - 07 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB)
[img] Text (BAB 5)
41119210008 - ILHAM GHUFRONIANDI - 08 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
41119210008 - ILHAM GHUFRONIANDI - 09 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text (JURNAL)
41119210008 - ILHAM GHUFRONIANDI - 10 Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)

Abstract

Jalan Alternatif Cibubur nama lainnya adalah Jalan Transyogi merupakan tipe jalan dua arah dan terbagi (menggunakan median). Jalan tersebut panjangnya 10 Km, tapi dimilikioleh 4 wilayah, Jakarta Timur, Depok, Bekasi dan Bogor. Disebut Jalan Transyogi. Ruasjalan ini merupakan salah satu ruas jalan yang menghubungkan dari Cielungsi sampai Cibubur dan akses jalan untuk menuju pinto tol. Selain itu, kemacetan juga disebabkan dampak dari jarak antara fasilitas bukaan median (U-Turn). Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui karak teristik arus lalulintas pada ruas jalan ini dengan menggunakan metode PKJI-2023, mendapatkan nilai kinerja dari fasilitas putar balik serta mengetahui seberapa besar pengaruh fasilitas putar balik terhadap kinerja ruas jalan. Metode yang digunakan adalah dengan melakukan pengamatan langsung dilapangan untuk mendapatkan data-data geometric ruas jalan, traffic counting untuk volume kendaraan pada ruas jalan dan yang memutar balik pada fasilitas U-Turn untuk selanjutnya di Analisa dengan menggunakan metode PKJI-2023 dan metode Pedoman Perencanaan Putar Balik (U-Turn) tahun 2005. Dari hasil analisis didapat jam puncak untuk volume kendaraan sebesar 5.355 kend/jam (3.930,6 SMP/jam), dengan nilai Derajat Kejenuhan (DJ) sebesar 0,65. Untuk kecepatan arus bebas didapat 72,7km/jam dan besarnya kecepatan kendaraan penumpang MP berdasa DJ didapat sebesar 68km/jam. Untuk volume kendaraan yang melakukan putar balik pada U�Turn sebesar 913kend/ jam (598,1 SMP/jam). Dengan waktu tunggu kendaraan sebesar 12,7dtk dengan panjang antrian 16,19m dan tundaan sebesar 8,95dtk.Fasilitas putar balik ini berpengaruh terhadap kinerja ruas jalan dengan nilai DJ =0,65 berobah menjadi DJ = 0,98 yang berdampak terhadap arus kendaraan yang tadinya stabilmenjadi tidak stabil. Kata kunci: PKJI-2023, Derajat Kejenuhan, fasiltas putar balik, Panjang antrian, tundaan.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41119210008
Uncontrolled Keywords: PKJI-2023, Derajat Kejenuhan, fasiltas putar balik, Panjang antrian, tundaan.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Nasruddin Mansyur S.Hum
Date Deposited: 02 Feb 2024 07:31
Last Modified: 02 Feb 2024 07:31
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/85755

Actions (login required)

View Item View Item