ANALISIS KUALITAS PERANGKAT LUNAK APLIKASI POS & PAS CORE SYSTEM MENGGUNAKAN METODE ISO/IEC 9126 DALAM KARAKTERISTIK FUNCTIONALITY, USABILITY, DAN PORTABILITY PADA PERUSAHAAN ASURANSI (STUDI KASUS: PT PFI MEGA LIFE)

JAYADI, DIMAS GEMPAR (2024) ANALISIS KUALITAS PERANGKAT LUNAK APLIKASI POS & PAS CORE SYSTEM MENGGUNAKAN METODE ISO/IEC 9126 DALAM KARAKTERISTIK FUNCTIONALITY, USABILITY, DAN PORTABILITY PADA PERUSAHAAN ASURANSI (STUDI KASUS: PT PFI MEGA LIFE). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (464kB)
[img] Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (36kB)
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB)

Abstract

This research aims to analyze the software quality of the POS & PAS Core System application at PT PFI Mega Life using the ISO/IEC 9126 method, focusing on Functionality, Usability, and Portability characteristics. The background of the study lies in the importance of ensuring that the developed software application meets high-quality standards to support insurance business processes. The primary issues faced by the application are related to functional discrepancies, user difficulties, and portability limitations. Blackbox testing and questionnaire distribution to users, including IT Business Analysts and Insurance Specialists, identified several obstacles in operational functionality, less intuitive user interfaces, and portability challenges associated with cross-platform implementation. The goal of this research is to improve or enhance the quality of the POS & PAS Core System application to meet user and business needs. The research findings provide an in-depth understanding of specific issues and offer actionable improvement recommendations to enhance application functionality, usability, and portability. The research methodology involves qualitative analysis using blackbox testing to evaluate application functionality and questionnaire distribution to users. The combined technical testing and user feedback are expected to provide a holistic understanding of software quality.The research results indicate that, after testing, the POS & PAS Core System application has good in terms of functionality, usability, and portability. Through the implementation of improvement recommendations, the application now meets the ISO/IEC 9126 quality standards. The conclusion of this research provides insights into challenges and opportunities in developing superior software in the insurance sector. Keywords: software quality, POS & PAS Core System application, ISO/IEC 9126 Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas perangkat lunak aplikasi POS & PAS Core System di PT PFI Mega Life menggunakan metode ISO/IEC 9126, dengan fokus pada karakteristik Functionality, Usability, dan Portability. Latar belakang penelitian terletak pada pentingnya memastikan bahwa aplikasi perangkat lunak yang dikembangkan memenuhi standar kualitas yang tinggi untuk mendukung proses bisnis asuransi. Masalah utama yang dihadapi aplikasi terkait ketidaksesuaian fungsionalitas, kesulitan penggunaan, dan keterbatasan portabilitas. Pengujian blackbox dan penyebaran kuesioner kepada pengguna, termasuk IT Business Analyst dan Insurance Specialist, mengidentifikasi beberapa hambatan dalam fungsi operasional, antarmuka pengguna yang kurang intuitif, dan tantangan portabilitas terkait implementasi lintas-platform. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas aplikasi POS & PAS Core System sehingga dapat memenuhi kebutuhan pengguna dan kebutuhan bisnis perusahaan. Hasil penelitian memberikan pemahaman mendalam tentang masalah-masalah spesifik yang ditemukan dan memberikan rekomendasi perbaikan yang dapat diimplementasikan untuk meningkatkan fungsionalitas, usability, dan portabilitas aplikasi. Metodologi penelitian melibatkan analisis kualitatif dengan menggunakan metode blackbox testing untuk evaluasi fungsionalitas aplikasi dan penyebaran kuesioner kepada pengguna. Kombinasi pengujian teknis dan umpan balik pengguna diharapkan dapat memberikan pemahaman yang holistik tentang kualitas perangkat lunak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diuji, aplikasi POS & PAS Core System sudah memperoleh penilaian yang baik dalam hal fungsionalitas, usability, dan portabilitas. Melalui implementasi rekomendasi perbaikan, aplikasi kini sudah dapat memenuhi standar kualitas ISO/IEC 9126. Kesimpulan penelitian ini memberikan pandangan mendalam terhadap tantangan dan peluang dalam mengembangkan perangkat lunak yang unggul di sektor asuransi. Kata Kunci: kualitas perangkat lunak, aplikasi POS & PAS Core System, ISO/IEC 9126

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FIK/SI. 24 006
Call Number: SIK/18/24/003
NIM/NIDN Creators: 41820010123
Uncontrolled Keywords: kualitas perangkat lunak, aplikasi POS & PAS Core System, ISO/IEC 9126
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data > 005.1 Programming/Pemrograman > 005.12 Software System Analysis and Design/Sistem Analisa dan Desain Perangkat Lunak
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 154 Subconscious and Altered States and Process/Psikologi Bawah Sadar > 154.6 Sleep Phenomena/Fenomena Tidur > 154.63 Dreams/Mimpi > 154.634 Analysis/Analisis
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data]
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data] > 658.05 Data Processing Computer Applications/Pengolahan Data Aplikasi Komputer
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.6 Quality Management/Manajemen Kualitas
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 18 Jan 2024 04:11
Last Modified: 18 Jan 2024 04:11
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/85446

Actions (login required)

View Item View Item