PERSEPSI MAHASISWA REGULER DUA FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS MERCU BUANA KAMPUS D KRANGGAN BEKASI TERHADAP CITRA UMAT MUSLIM INDONESIA PADA KASUS PENYEBARAN ISU HOAX DAN UJARAN KEBENCIAN DI MEDIA SOSIAL OLEH MUSLIM CYBER ARMY

SEPTYANSYAH, IQBAL (2018) PERSEPSI MAHASISWA REGULER DUA FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS MERCU BUANA KAMPUS D KRANGGAN BEKASI TERHADAP CITRA UMAT MUSLIM INDONESIA PADA KASUS PENYEBARAN ISU HOAX DAN UJARAN KEBENCIAN DI MEDIA SOSIAL OLEH MUSLIM CYBER ARMY. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Surat Pernyataan.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Scan Lembar Pengesahan Skripsi.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstraksi.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Tabel.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Lampiran.pdf

Download (140kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)

Abstract

Komunikasi massa memiliki pengaruh yang sangat besar kepada publik dalam penyebaran informasi. Informasi yang disebarluaskan pun sifatnya beragam, baik yang informatif maupun provokatif. Termasuk pada kasus penyebaran isu hoax dan ujaran kebencian oleh Muslim Cyber Army. Muslim Cyber Army aktif menyebarkan isu hoax dan ujaran kebencian kepada publik melalui media sosial untuk mempengaruhi persepsi publik. Penyebaran isu hoax dan ujaran kebencian dilakukan melalui media sosial, karena dapat dengan mudah menjangkau publik secara cepat dan luas. Dampak dari isu hoax dan ujaran kebencian mempengaruhi banyak massa yang kemudian menimbulkan perpecahan. Selain itu tindakan dari Muslim Cyber Army tentu dapat mencoreng citra umat muslim Indonesia. Konsep teoritik yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan teori model komunikasi Laswell, yang dimana proses komunikasi massa terdapat elemen-elemen penting yaitu siapa (who), mengatakan apa (says what), dengan saluran apa (in which channel), kepada siapa (to whom), dengan effect apa (with what effect). Selain itu untuk mengetahui atau mengukur persepsi yaitu melalui tiga tahapan, perhatian (attention), penafsiran (interpretation), dan pengetahuan (kognitif). Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode survey kepada mahasiswa regular dua fakultas ilmu komunikasi Universitas Mercu Buana kampus D Kranggan Bekasi, dengan kriteria laki-laki dan perempuan berumur 18 tahun keatas yang aktif menggunakan media sosial. Responden berjumlah 100 mahasiswa fakultas ilmu komunikasi yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dari hasil yang diperoleh dari penelitian ini, 41 % responden menyatakan bahwa mereka mengikuti, memahami dan mengetahui perkembangan isu dan kasus dari Muslim Cyber Army ini, selain itu juga mempengaruhi sikap dan persepsi mereka. 55 % responden menyatakan bahwa mereka bersikap netral dalam bersikap dan memaknai kasus penyebaran isu hoax dan ujaran kebencian di media sosial oleh Muslim Cyber Army dan 4 % persepsi rendah menyatakan bahwa mereka tidak mengikuti, dan tidak terpengaruh terhadap isu hoax dan ujaran kebencian tersebut. Tindakan dari Muslim Cyber Army ini juga membentuk citra terhadap umat muslim Indonesia pada persepsi responden, 56 % menyatakan bahwa citra umat muslim Indonesia menjadi kurang baik dan 30 % menjawab tidak baik. Namun meski begitu 14 % responden menjawab bahwa citra umat muslim Indonesia tetaplah baik dan tidak terpengaruhi.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44216320014
Uncontrolled Keywords: Hoax, Ujaran Kebencian, Muslim Cyber Army, Persepsi, Citra
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 16 Jan 2024 06:02
Last Modified: 16 Jan 2024 06:02
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/85395

Actions (login required)

View Item View Item