Strategi Komunikasi Pemasaran Untuk Mendukung Penjualan Pada Bisnis Farmasi Dimasa Pandemi Covid19 Periode Tahun 2020 – 2021 (Studi Kasus Pada PT. XYZ)

Handayani, Ery Novita (2023) Strategi Komunikasi Pemasaran Untuk Mendukung Penjualan Pada Bisnis Farmasi Dimasa Pandemi Covid19 Periode Tahun 2020 – 2021 (Studi Kasus Pada PT. XYZ). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
55221120029 - Ery Novita Handayani - 01 Cover - Ery Novita H.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
55221120029 - Ery Novita Handayani - Abstrak - Ery Novita H.pdf

Download (53kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
55221120029 - Ery Novita Handayani - 03 Bab 1 - Ery Novita H.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text (Bab 2)
55221120029 - Ery Novita Handayani - 04 Bab 2 - Ery Novita H.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img]
Preview
Text (Bab 3)
55221120029 - Ery Novita Handayani - 05 Bab 3 - Ery Novita H.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text (Bab 4)
55221120029 - Ery Novita Handayani - 06 Bab 4 - Ery Novita H.pdf
Restricted to Registered users only

Download (871kB)
[img] Text (Bab 5)
55221120029 - Ery Novita Handayani - 07 Bab 5 - Ery Novita H.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
55221120029 - Ery Novita Handayani - 08 Daftar Pustaka - Ery Novita H.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text (Lampiran)
55221120029 - Ery Novita Handayani - 09 Lampiran - Ery Novita H.pdf
Restricted to Registered users only

Download (798kB)
[img] Text (Persetujuan publikasi)
55221120029 - Ery Novita Handayani - Persetujuan Unggah dan Publikasi - Ery Novita H.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)

Abstract

Kebijakan pembatasan sosial menjadi salah satu kebijakan yang diterapkan di berbagai negara sebagai salah satu upaya pencegahan penularan virus yang mewabah secara global – Corona Virus (Covid19). Pembatasan sosial yang diberlakukan tentu memberikan dampak ekonomis pada banyak sektor bisnis dan industri, dan termasuk pula pada sektor bisnis farmasi. PT. XYZ, sebuah perusahaan farmasi, dengan produk andalannya yang berupa produk obat resepan pun mengalami dampak pembatasan sosial ini, yang membuat penjualannya menurun karena tidak lagi bisa melakukan aktivitas komunikasi pemasaran secara tatap muka. Situasi ini membuat strategi komunikasi pemasaran PT. XYZ yang sebelumnya sudah ditetapkan harus mengalami penyesuaian dengan situasi terkini guna menjawab tantangan dan kebutuhan pasar. Penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, data didapatkan melalui observasi dokumentatif, kajian literatur serta wawancara mendalam dengan narasumber yang memiliki kompetensi terhadap topik penelitian. Penelitian ini mengkaji bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh PT. XYZ selama masa pandemi untuk mendukung penjualan mereka, sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana PT. XYZ berhasil bertahan dan beradaptasi dengan lingkungan bisnis yang penuh ketidakpastian di periode tersebut melalui kegiatan komunikasi pemasarannya. Temuan penelitian menunjukkan pentingnya perubahan adaptif dalam strategi komunikasi pemasaran dimasa pandemi, dan dalam hal ini adalah kebersediaan dan kesadaran untuk melakukan transisi komunikasi dari offline menjadi online. Selain itu penyampaian pesan kunci yang konsisten dan terpadu pada setiap saluran komunikasi yang dimiliki menjadi faktor kunci dalam keberhasilan aktivitas kegiatan komunikasi pemasaran PT. XYZ untuk mendukung penjualan

Item Type: Thesis (S2)
NIM/NIDN Creators: 55221120029
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Pemasaran, Komunikasi Pemasaran, Bisnis Farmasi, Pandemi Covid19, Mendukung Penjualan, Transisi Komunikasi
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: WIDYA AYU PUSPITA NINGRUM
Date Deposited: 15 Jan 2024 03:27
Last Modified: 15 Jan 2024 03:27
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/85375

Actions (login required)

View Item View Item