ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PUBLIK PADA FUNGSI PENYERAPAN ASPIRASI PENANGANAN COVID-19 DI DPR RI MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS

KHOIRUNNISA, (2021) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PUBLIK PADA FUNGSI PENYERAPAN ASPIRASI PENANGANAN COVID-19 DI DPR RI MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text
1. TUGAS AKHIR_Khoirunnisa_41619310089_COVER (revisi).pdf

Download (945kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. TUGAS AKHIR_Khoirunnisa_41619310089_BAB I.pdf

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. TUGAS AKHIR_Khoirunnisa_41619310089_BAB II.pdf

Download (501kB) | Preview
[img] Text
4. TUGAS AKHIR_Khoirunnisa_41619310089_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB)
[img] Text
5. TUGAS AKHIR_Khoirunnisa_41619310089_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
6.TUGAS AKHIR_Khoirunnisa_41619310089_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB)
[img] Text
7. TUGAS AKHIR_Khoirunnisa_41619310089_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text
8. TUGAS AKHIR_Khoirunnisa_41619310089_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text
9. TUGAS AKHIR_Khoirunnisa_41619310089_DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (792kB)

Abstract

DPR RI sebagai lembaga perwakilan rakyat melakukan fungsi pengawasan dengan menyerap, menghimpun dan menindaklanjuti aspirasi rakyat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi nilai tingkat kepuasan publik pada fungsi penyerapan aspirasi penanganan Covid-19 di DPR RI dengan menggunakan metode Service Quality (Servqual) dan memberikan usulan strategi prioritas perbaikan serta peningkatan kepuasan publik berdasarkan Importance Performance Analysis (IPA). Survey dilakukan kepada 100 orang responden yang berdomisili di Provinsi Sumatera Utara, DKI Jakarta atau Jawa Barat dalam bentuk kuesioner online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat belum puas terhadap fungsi penyerapan aspirasi penanganan Covid-19 yang dilakukan oleh DPR RI dengan gap sebesar – 1,12. Semakin besar nilai gap negatif menunjukkan bahwa masyarakat semakin tidak puas terhadap fungsi penyerapan aspirasi. Usulan strategi perbaikan dan peningkatan kepuasan publik disusun berdasarkan hasil diagram IPA pada kuadran II yaitu DPR RI perlu melakukan sosialisasi terkait media penyampaian aspirasi, pentingnya protokol kesehatan dan pelaksanaan vaksinasi. DPR RI juga perlu melakukan pengoptimalan pengelolaan dan penggunaan website Layanan Penyerapan & Pengaduan aspirasi di DPR RI, fungsi legislasi, pengawasan dan penetapan anggaran yang dikhususkan terkait penanganan Covid-19, serta perlunya pengoptimalan tugas dan fungsi Satgas Lawan Covid-19 di DPR RI untuk berkoordinasi dan bekerja sama dengan instansi terkait.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41619310089
Uncontrolled Keywords: Covid-19; Kepuasan Publik; Servqual; IPA
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 338 Production, Industrial Economics/Produksi, Ekonomi Industri
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 06 Jan 2024 04:27
Last Modified: 06 Jan 2024 04:27
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/85176

Actions (login required)

View Item View Item