ANALISIS PRODUKTIVITAS DAN KOMBINASI ALAT BERAT TERHADAP WAKTU DAN BIAYA PADA PEKERJAAN TANAH (STUDI KASUS: PROYEK JALAN SUMMARECON BOGOR)

Suganda, Said (2023) ANALISIS PRODUKTIVITAS DAN KOMBINASI ALAT BERAT TERHADAP WAKTU DAN BIAYA PADA PEKERJAAN TANAH (STUDI KASUS: PROYEK JALAN SUMMARECON BOGOR). S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Buncit.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (27kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Summarecon Bogor memiliki proyek pembangunan jalan yang nantinya akan menjadi akses utama yang akan saling menghubungkan antar Cluster di Kawasan Summarecon Bogor. Pada proyek jalan tersebut terdapat pekerjaan tanah berupa galian dan timbunan dengan menggunakan alat berat yang mulai dikerjakan pada akhir tahun 2022 dan direncanakan selesai pada bulan Juli 2023. Penggunaan alat berat harus disesuaikan dengan kondisi dan situasi di lapangan, jika tidak sesuai maka akan mempengaruhi kinerja dari alat berat yang digunakan. Pada proses pengerjaan Proyek Jalan Summarecon Bogor, terdapat kendala berupa kondisi tanah eksisting yang merupakan tanah cadas dan juga area pekerjaan yang merupakan perbukitan. Hal tersebut tentu saja mempengaruhi produktivitas dari pengerjaan proyek tersebut. Penelitian ini ditujukan untuk menganalisa produktivitas serta kombinasi alat berat yang digunakan dalam Proyek Jalan Summarecon Bogor dari segi waktu dan biaya agar dapat menghasilkan kombinasi yang paling optimal. Penelitian ini menghasilkan alternatif kombinasi alat berat yang dianggap lebih efektif dibandingkan dengan kombinasi alat berat yang aktual digunakan di lapangan dari segi biaya dan waktu. Kombinasi alat berat yang aktual dilapangan membutuhkan biaya 9.427.000.000 serta waktu selama 286 hari, jauh dari waktu yang diperkirakan yaitu 180 hari dengan menggunakan kombinasi 2 excavator, 5 dump truck, 3 bulldozer, serta 3 vibrator roller, sedangkan untuk alternatif kombinasi alat berat yang dihasilkan dalam penelitian ini proyek jalan ini membutuhkan biaya sebesar 9.739.200.000 dan waktu selama 123 hari dengan menggunakan kombinasi 4 excavator, 12 dump truck, 7 bulldozer, dan 7 vibrator roller. Dari segi biaya kombinasi alternatif memang memiliki kenaikan yang tidak terlalu signifikan sebanyak 3.31% namun mengalami penurunan dari segi waktu yaitu sebanyak 57%. Kata Kunci: Alat Berat, Produktivitas, Proyek Jalan, Biaya, Waktu.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41121120056
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Alat Berat, Produktivitas, Proyek Jalan, Biaya, Waktu.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Nasruddin Mansyur S.Hum
Date Deposited: 29 Dec 2023 05:33
Last Modified: 29 Dec 2023 05:33
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/85012

Actions (login required)

View Item View Item