HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DENGAN KEPERCAYAAN DIRI REMAJA

SALSABILA, SYIFA AULIA (2023) HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DENGAN KEPERCAYAAN DIRI REMAJA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.

[img]
Preview
Text
46118310027 - Syifa Aulia Salsabila - 01 Cover.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
46118310027 - Syifa Aulia Salsabila - 02 Abstrak.pdf

Download (69kB) | Preview
[img] Text
46118310027 - Syifa Aulia Salsabila - 03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text
46118310027 - Syifa Aulia Salsabila - 04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text
46118310027 - Syifa Aulia Salsabila - 05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text
46118310027 - Syifa Aulia Salsabila - 06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[img] Text
46118310027 - Syifa Aulia Salsabila - 07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] Text
46118310027 - Syifa Aulia Salsabila - 08 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text
46118310027 - Syifa Aulia Salsabila - 09 Lampiran 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kepercayaan diri ialah suatu kemampuan yang dimiliki oleh diri sendiri untuk meningkatkan penilaian positif berdasarkan tindakan atau sikap terhadap dirinya sendiri. Saat ini, kebanyakan masyarakat mempunyai persepsi mengenai bentuk tubuh yang ideal. Ketidakpuasan bentuk tubuh banyak dialami oleh remaja yang memberikan efek negatif seperti depresi dan rendahnya harga diri. Oleh karena itu, lingkungan sosial terutama sosial media mendorong remaja guna menirukan bentuk tubuh yang ideal yang mereka temui di berbagai media sosial contohnya seperti media sosial Instagram. Dalam penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk melihat hubungan intensitas penggunaan media sosial instargam dengan kepercayaan diri remaja. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa/i SMP N 01 Citereup dengan jumlah sampel penelitian 91 siswa/i dengan kriteria yang telah ditentukan oleh peneliti. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan dua skala yaitu skala intensitas penggunaan media sosial dan skala kepercayaan diri. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara kepercayaan diri dengan intensitas penggunaan media sosial instagram. Artinya bahwa ketika kepercayaan diri remaja meningkat maka intensitas penggunaan media sosial instagram remaja akan menurun, begitupun sebaliknya apabila kepercayaan diri remaja menurun maka intensitas dalam penggunaan media sosial instagram akan meningkat. Kata Kunci: Kepercayaan Diri, Intensitas penggunaan sosial media, Remaja ABSTRACT Self-confidence is an ability possessed by oneself to increase positive judgments based on actions or attitudes towards oneself. Currently, most people have a perception of the ideal body shape. Dissatisfaction with body shape is experienced by many adolescents which has negative effects such as depression and low self-esteem. Therefore, the social environment, especially social media, encourages teenagers to imitate the ideal body shape that they find on various social media, for example, Instagram social media. In this study, the aim was to see the relationship between the intensity of the use of social media instargam and adolescent self-confidence. The population in this study were all students of SMP N 01 Citereup with a total sample of 91 students with criteria determined by the researcher. The sampling technique in this study used purposive sampling. The data collection method uses two scales, namely the intensity scale of social media use and the selfconfidence scale. The results showed that there was a significant negative relationship between self-confidence and the intensity of Instagram social media use. It means that when adolescents’ selfconfidence increases, the intensity of use of Instagram social media for teenagers will decrease, and vice versa if the self-confidence of teenagers decreases, the intensity of using Instagram social media will increase.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FP/PSI 23 007
NIM/NIDN Creators: 46118310027
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan Diri, Intensitas penggunaan sosial media, Remaja
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 20 Dec 2023 04:10
Last Modified: 20 Dec 2023 04:10
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/84806

Actions (login required)

View Item View Item